• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Perencanaan Laba dalam Upaya Penentuan Konsentrasi Penjualan pada PT. Sempulur Pratama Klaten

    Thumbnail
    View/Open
    Lilik Anwaruddin_020810201082.repo.pdf (3.905Mb)
    Date
    2006-05-15
    Author
    ANWARUDDIN, Lilik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Data yang digunakan adalah data sekunder yang merupakan data historis dari tahun 2001-2005. Data digunakan dalam perencanaan labanya dilakukan melalui peramalan penjualan dengan metode last square, rencana jumlah produksi dengan Inventory Turn Over lalu dihitung melalui regresi dengan metode kuadrat terkecil, pemisahan biaya semi variable melalui regresi dengan metode kuadrat terkecil, pemisahan biaya bersama melalui nila jual relatif dan hasil kesemuanya itu dimasukkan dalam perhitungan (Laba-rugi) R/L yang menjadi perencanaan. Konsentrasi penjualan produk dengan mengambil empat parameter yang mempengaruhi laba-rugi yaitu BEP {Break Event Point), M/S {Margin O f Safety), RPM {Ratio Pendapatan Marginal), dan DOL {Degree o f Operating Laverage) dengan diberikan bobot dan rating lalu diklasifikasikan berdasar lima kriteria ( Kondisi Tidak Menarik, Kondisi Kurang Menarik, Kondisi Cukup Menarik, Kondisi Menarik, dan Kondisi Sangat Menarik). Hasil analisis menunjukkan bahwa besar laba yang diperoleh Produk Ikhram Polos dengan besar Contribusi Margin = Rp 404.965.445 dan Laba Bersih = Rp 243.985.647, Produk Handuk Polos dengan besar Contribusi Margin = Rp 43.748.419 dan Laba Bersih = Rp 9.865.935, Produk Waslap dengan besar Contribusi Margin = Rp 34.681.234 dan Laba Bersih = Rp 17.861.382. Dalam pengkonsentrasian produknya menunjukkan bahwa besar Produk Ikhram Polos, dengan Nilai Tertimbang 3,8 memiliki (Kondisi M enarik), Produk Handuk Polos, dengan Nilai Tertimbang 3.8 memiliki ( Kondisi Menarik ), Produk Waslap, dengan Nilai Tertimbang 3.2 memilki ( Kondisi Menarik ).Kesimpulan dari perhitungan yang telah dilakukan adalah bahwa produk Ikhram Polos memiliki kondisi sangat menarik dengan besar nilai tertimbang sebesar 4.3 sehingga memiliki kesempatan menghasilkan besar laba yang lebih baik maka dapat diutamakan untuk dikonsentrasikan penjualannya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128626
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12583]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository