Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dan Weighted Product dalam Pengambilan Keputusan Pembelian iPhone
Abstract
Pada era digital ini, smartphone telah menjadi kebutuhan primer bagi
banyak orang. Salah satu merek smartphone di Indonesia yang dalam lima tahun
terakhir mengalami peningkatan signifikan dalam penjualannya adalah iPhone.
Tetapi, konsumen masih sering dihadapkan pada dilema dalam pengambilan
keputusan pembelian iPhone. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang
sistematis dan objektif untuk membantu konsumen dalam menentukan pilihannya.
Permasalahan pengambilan keputusan pembelian iPhone dapat diselesaikan dengan
metode Analytical Hierarchy Process dan Weighted Product.
Analytical Hierarchy Process adalah salah satu metode yang digunakan
untuk mengurutkan prioritas dari berbagai opsi dengan mempertimbangkan
beberapa kriteria. Tahapan pada metode ini yaitu identifikasi masalah, pembuatan
struktur hierarki, penilaian kriteria dengan perbandingan berpasangan, pembuatan
matriks perbandingan berpasangan, normalisasi matriks, perhitungan nilai bobot
kriteria, dan perhitungan konsistensi kriteria. Metode Analytical Hierarchy Process
pada permasalahan ini digunakan untuk menentukan bobot kriteria yang
selanjutnya digunakan untuk mencari rangking alternatif dengan metode Weighted
Product.
Weighted Product adalah metode dalam pemilihan keputusan dengan
menggunakan perkalian untuk menghubungkan penilaian kriteria, setiap penilaian
dari setiap kriteria harus dipangkatkan dengan bobot kriteria terkait. Metode
Weighted Product pada penelitian ini digunakan untuk mengevaluasi alternatif
hingga melakukan perangkingan. Tahapan pada metode ini yaitu penentuan sifat
kriteria, pembuatan matriks penilaian setiap alternatif, penentuan bobot kriteria
yang telah konsisten, perhitungan nilai vektor, perhitungan nilai bobot preferensi,
dan perangkingan.
Permasalahan yang akan dicari solusinya yaitu pengambilan keputusan
pembelian iPhone dari tujuh alternatif yaitu iPhone 12, iPhone 13, iPhone 14,
iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max berdasarkan
kriteria harga, penyimpanan, kamera, baterai, chipset, dan desain. Kriteria dengan bobot tertinggi adalah kamera dengan nilai 0,4504. Alternatif dengan rangking
tertinggi adalah iPhone 15 Pro dengan bobot preferensi 0,1517. Rangking
selanjutnya yaitu iPhone 15 Pro Max, iPhone 15 Plus, iPhone 15, iPhone 13, iPhone
14, iPhone 12 dengan bobot preferensi berturut-turut yaitu 0,1501, 0,1441,
0,1438, 0,1376, 0,1366, 0,1361. Oleh karena itu, iPhone 15 Pro adalah pilihan
terbaik dalam pengambilan keputusan pembelian iPhone.