• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dan Weighted Product dalam Pengambilan Keputusan Pembelian iPhone

    Thumbnail
    View/Open
    Aisyah Putri Lestari_211810101091 (1.282Mb)
    Date
    2025-02-26
    Author
    LESTARI, Aisyah Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada era digital ini, smartphone telah menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Salah satu merek smartphone di Indonesia yang dalam lima tahun terakhir mengalami peningkatan signifikan dalam penjualannya adalah iPhone. Tetapi, konsumen masih sering dihadapkan pada dilema dalam pengambilan keputusan pembelian iPhone. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang sistematis dan objektif untuk membantu konsumen dalam menentukan pilihannya. Permasalahan pengambilan keputusan pembelian iPhone dapat diselesaikan dengan metode Analytical Hierarchy Process dan Weighted Product. Analytical Hierarchy Process adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengurutkan prioritas dari berbagai opsi dengan mempertimbangkan beberapa kriteria. Tahapan pada metode ini yaitu identifikasi masalah, pembuatan struktur hierarki, penilaian kriteria dengan perbandingan berpasangan, pembuatan matriks perbandingan berpasangan, normalisasi matriks, perhitungan nilai bobot kriteria, dan perhitungan konsistensi kriteria. Metode Analytical Hierarchy Process pada permasalahan ini digunakan untuk menentukan bobot kriteria yang selanjutnya digunakan untuk mencari rangking alternatif dengan metode Weighted Product. Weighted Product adalah metode dalam pemilihan keputusan dengan menggunakan perkalian untuk menghubungkan penilaian kriteria, setiap penilaian dari setiap kriteria harus dipangkatkan dengan bobot kriteria terkait. Metode Weighted Product pada penelitian ini digunakan untuk mengevaluasi alternatif hingga melakukan perangkingan. Tahapan pada metode ini yaitu penentuan sifat kriteria, pembuatan matriks penilaian setiap alternatif, penentuan bobot kriteria yang telah konsisten, perhitungan nilai vektor, perhitungan nilai bobot preferensi, dan perangkingan. Permasalahan yang akan dicari solusinya yaitu pengambilan keputusan pembelian iPhone dari tujuh alternatif yaitu iPhone 12, iPhone 13, iPhone 14, iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max berdasarkan kriteria harga, penyimpanan, kamera, baterai, chipset, dan desain. Kriteria dengan bobot tertinggi adalah kamera dengan nilai 0,4504. Alternatif dengan rangking tertinggi adalah iPhone 15 Pro dengan bobot preferensi 0,1517. Rangking selanjutnya yaitu iPhone 15 Pro Max, iPhone 15 Plus, iPhone 15, iPhone 13, iPhone 14, iPhone 12 dengan bobot preferensi berturut-turut yaitu 0,1501, 0,1441, 0,1438, 0,1376, 0,1366, 0,1361. Oleh karena itu, iPhone 15 Pro adalah pilihan terbaik dalam pengambilan keputusan pembelian iPhone.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128555
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3525]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository