| dc.contributor.author | NURDIASASTRO, Ezra | |
| dc.date.accessioned | 2025-11-06T07:16:17Z | |
| dc.date.available | 2025-11-06T07:16:17Z | |
| dc.date.issued | 2025-03-17 | |
| dc.identifier.nim | 211810101010 | en_US |
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128553 | |
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 6 November 2025_Kurnadi | en_US |
| dc.description.abstract | Kepuasan pelanggan merupakan faktor utama yang menentukan
keberlanjutan sebuah bisnis jasa, seperti jasa cuci sepatu. Kepuasan pelanggan
diperoleh dari perbandingan antara harapan pelanggan dengan layanan yang
diterima. Kepuasan pelanggan tidak hanya bergantung pada kualitas pelayanan,
faktor-faktor lain seperti lama pengerjaan dan respon pelayanan memiliki dampak
yang signifikan. Pelanggan cenderung menggunakan kembali layanan jasa cuci
sepatu jika pelanggan merasa puas terhadap layanannya. Dalam mengatasi
permasalahan penentuan tingkat kepuasan pelanggan dapat menggunakan sistem
pendukung keputusan dengan logika fuzzy metode Mamdani.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan dalam layanan jasa cuci sepatu.
Variabel input yang digunakan yaitu kualitas pelayanan, respon pelayanan dan lama
pengerjaan. Untuk variabel output pada penelitian ini yaitu kepuasan pelanggan
dengan klasifikasi tidak puas, cukup puas, dan puas. Data yang digunakan diperoleh
dari jasa cuci sepatu nyikat.id yang beroperasi di Kabupaten Jember. Pengumpulan
data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan jasa cuci
sepatu. Penerapan logika fuzzy metode Mamdani dilakukan dengan membuat
program menggunakan software MATLAB. Metode fuzzy Mamdani terdiri dari
empat langkah yaitu fuzzifikasi, fungsi implikasi, komposisi aturan, dan
defuzzifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh tingkat akurasi
sebesar 96% yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, respon pelayanan, dan
lama pengerjaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan
pelanggan. | en_US |
| dc.description.sponsorship | DPU: Ahmad Kamsyakawuni, S.Si., M.Kom.
DPA: Firda Fadri, S.Si., M.Si. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam | en_US |
| dc.subject | Kepuasan pelanggan | en_US |
| dc.subject | Logika fuzzy | en_US |
| dc.subject | Metode Mamdani. | en_US |
| dc.title | Penentuan Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Layanan Jasa Cuci Sepatu dengan Metode Fuzzy Mamdani | en_US |
| dc.type | Skripsi | en_US |
| dc.identifier.prodi | Matematika | en_US |
| dc.identifier.pembimbing1 | Ahmad Kamsyakawuni, S.Si., M.Kom. | en_US |
| dc.identifier.pembimbing2 | Firda Fadri, S.Si., M.Si. | en_US |
| dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |