Proses Akuntasi Penagihan Layanan Bengkel Formula Ban Spesialis Spooring dan Balancing
Abstract
Bengkel Formula Autocare Jember merupakan sebuah badan usaha yang bergerak
dalam bidang usaha dagang dan jasa. Bengkel Formula Autocare Jember melayani berbagai
macam perbaikan antara lain: tune up, oil flushing, servis berkala dan masih banyak yang
lainnya. Selain menjual jasa layanan servis bengkel Formula Autocare juga menjual beberapa
produk sparepart dan pelumas mobil. Bengkel Formula Autocare Jember juga memberikan
layanan serta fasilitas setara bengkel resmi ATPM dengan harga yang lebih rendah daripada
bengkel resmi ATPM.
Laporan Praktik Kerja Nyata ini bertujuan untuk mengetahui sistem penjualan barang
dan jasa yang berlaku pada bengkel Formula Autocare Jember. Dalam penelitian ini studi kasus
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang dipergunakan dalam penilitian
ini berupa sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapatkan melalui
pengamatan dan wawancara langsung dengan pihak terkait selama penulis melakukan Praktik
Kerja Nyata di bengkel Formula Autocare Jember. Sumber data sekunder yang penulis
dapatkan dalam penelitian ini berupa kajian literatur, jurnal serta sumber literasi lain yang
memeiliki kesinambungan atau keterkaitan dengan judul yang penulis bahas.
Hasil dari pengamatan yang dilakukan oleh penulis ialah proses berjalannya sistem
penjualan barang dan jasa yang terjadi pada bengkel Formula Autocare belum sepenuhnya
berjalan dengan baik terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya seperti beberapa
bagian yang masih tidak paham terkait deskripsi pekerjaannya dan juga beberapa konsumen
yang kurang memahami terkait proses atau sistem yang berlaku.
