Show simple item record

dc.contributor.authorTRIANTONO, Moch. Ichwan
dc.date.accessioned2025-10-21T22:31:47Z
dc.date.available2025-10-21T22:31:47Z
dc.date.issued2023-06-20
dc.date.submitted
dc.identifier.nim190220104022en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128432
dc.descriptionValidasi_firli_21_oktober_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 21 Oktober 2025en_US
dc.description.abstractPeningkatan kualitas suatu negara diiringi dengan meningkatnya sumber daya manusia (SDM), salah satu cara untuk meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan yang ada pada negara tersebut. Mutu pendidikan yang layak dan baik dapat menjadi indikator bahwa negara tersebut memiliki sumber daya manusia yang baik dan mumpuni. Pendidikan memiliki fungsi dalam mengembangkan potensi manusia untuk membangun kebudayaan dan peradaban masa depan. Pendidikan yang berkualitas dapat dilakukan melalui proses pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu guru harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan model pembelajaran pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan efisien untuk mengasah kemampuan peserta didik dalam meningkatkan kemampuannya dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai diharapkan untuk meningkatkan penggunaan pengetahuan awal siswa yaitu model pembelajaran PECME (Problem Confirmation dengan Elaborative Collaborative Sharing Menggunakan Model Mind Mapping). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model pembelajaran PECME (Problem Confirmation dengan Elaborative Collaborative Sharing Menggunakan Model Mind Mapping) yang valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan penggunaan pengetahuan awal siswa. Penelitian pengembangan produk menggunakan model pengembangan 4D oleh S. Thiagarajan yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya define, design, develop, dan dessiminate. Penelitian pengembangan dilakukan di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas Jember. Penerapan model pembelajaran PECME (Problem Confirmation dengan Elaborative Collaborative Sharing Menggunakan Model Mind Mapping) ada uji kelompok kecil yang dilakukan di SMPN 1Sukorambi dengan subjek kelas VIII dan sampel 10 siswa. Pelaksanaan uji kelompok besar dilaksanakan di SMPN 1 Panti jember dengan subjek penelitian kelas VIII dan sampel subjek sebanyak 30 siswa. Validitas dilakukan oleh beberapa ahli (dosen) dan pengguna (guru). Kepraktisan model pembelajaran PECME diketahui dari lembar keterlaksanaan pembelajaran, data respon guru dan respon peserta didik. Efetkivitas model pembelajaran PECME (diketahui dari hasil pretest dan posttest (sebelum dan sesudah pembelajaran) untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PECME dapat dianalisis menggunakan rumus Normalized gain (g). Berdasarkan hasil validasi ahli dan pengguna diketahui bahwa rerata hasil validasi produk dan instrumen secara keseluruhan yaitu 84% dengan kategori sangat valid. Analisis kepraktisan model pembelajaran PECME diperoleh dari hasil respon guru dan respon peserta didik pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Rerata respon guru pada uji kelompok kecil sebesar 85% dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Sedangkan rerata respon guru pada uji kelompok besar sebesar 88% dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil efektifitas penggunaan pengetahuan awal peserta didik pada kelompok kecil pada pertemuan pertama sebelum pembelajaran memiliki nilai normalized gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang dan pada pertemuan kedua sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Pada uji kelompok besar juga diperoleh hasil efektifitas penggunaan pengetahuan awal sebelum pembelajaran memiliki nilai normalized gain sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan pada pertemuan kedua sebesar 0,8 dengan kategori tinggi. Kesimpulan yang dapat disimpulkan dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti berdasarkan data hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran PECME (Problem Confirmation dengan Elaborative Collaborative Sharing Menggunakan Model Mind Mapping) yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan penggunaan pengetahuan awal siswa IPA di SMP.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Joko Waluyo, M.Si. Dr. Iis Nur Asyiah, S.P., M.P.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPRIOR KNOWLEDGEen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectPROBLEM CONFIRMATIONen_US
dc.subjectELABORATIVE COLLABORATIVE SHARINGen_US
dc.subjectMIND MAPPINGen_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran PECME (Problem Confirmation dengan Elaborative Collaborative Sharing Menggunakan Model Mind Mapping) untuk Meningkatkan Penggunaan Pengetahuan Awal pada Pembelajaran IPA Siswa SMPen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Joko Waluyo, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Iis Nur Asyiah, S.P., M.P.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_21_oktober_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record