Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Aritmatika Sosial Dengan Konteks Pesantren Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Santri
Abstract
Kemampuan berhitung siswa di Indonesia dinilai masih kurang memadai atau cukup rendah dan harus terus ditingkatkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa adalah dengan menerapkan perangkat pembelajaran yang dapat mendukung pengembangan kemampuan tersebut. Penelitian yang dilaksanakan mempunyai tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif khususnya pada materi aritmatika sosial serta mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan model 4D dari Thiagarajan. Tahapan 4D Thiagarajan meliputi tahap definisi, desain, pengembangan, dan penerapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pesantren tergolong valid, praktis dan efektif. Tingkat validitas dilihat dari nilai validitas masing-masing modul ajar sebesar 3,47; LKPD sebesar 3,44; tes hasil belajar sebesar 3,32; dan manual sebesar 3,31 (dari skor maksimal 4) termasuk dalam kategori valid. Nilai praktikalitas yang diperoleh dari aktivitas siswa sebesar 90,7% yang berada pada kategori sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3,56 yang berarti bernilai tinggi, serta angket respon siswa yang menunjukkan nilai sangat positif. Nilai keefektifan dilihat dari data hasil belajar diperoleh sebesar 87,0% ketuntasan klasikal. Tidak hanya itu efektivitas dilihat dari kemampuan berhitung terhadap peningkatan N-Gain dimana banyak siswa yang berada pada kategori minimal sedang sebesar 95,7%, dan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan perangkat pembelajaran matematika berbasis pesantren terhadap peningkatan kemampuan berhitung. kemampuan berhitung siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pesantren pada materi aritmatika sosial layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung santri.
Kata Kunci: Berhitung, Aritmatika Sosial, Perangkat Pembelajaran Berbasis Pesantren
