• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Aritmatika Sosial Dengan Konteks Pesantren Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Santri

    Thumbnail
    View/Open
    AHMAD ANAS HABIBI_220220101012 (1.429Mb)
    Date
    2024-07-25
    Author
    HABIBI, Ahmad Anas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berhitung siswa di Indonesia dinilai masih kurang memadai atau cukup rendah dan harus terus ditingkatkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa adalah dengan menerapkan perangkat pembelajaran yang dapat mendukung pengembangan kemampuan tersebut. Penelitian yang dilaksanakan mempunyai tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif khususnya pada materi aritmatika sosial serta mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan model 4D dari Thiagarajan. Tahapan 4D Thiagarajan meliputi tahap definisi, desain, pengembangan, dan penerapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pesantren tergolong valid, praktis dan efektif. Tingkat validitas dilihat dari nilai validitas masing-masing modul ajar sebesar 3,47; LKPD sebesar 3,44; tes hasil belajar sebesar 3,32; dan manual sebesar 3,31 (dari skor maksimal 4) termasuk dalam kategori valid. Nilai praktikalitas yang diperoleh dari aktivitas siswa sebesar 90,7% yang berada pada kategori sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran sebesar 3,56 yang berarti bernilai tinggi, serta angket respon siswa yang menunjukkan nilai sangat positif. Nilai keefektifan dilihat dari data hasil belajar diperoleh sebesar 87,0% ketuntasan klasikal. Tidak hanya itu efektivitas dilihat dari kemampuan berhitung terhadap peningkatan N-Gain dimana banyak siswa yang berada pada kategori minimal sedang sebesar 95,7%, dan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan perangkat pembelajaran matematika berbasis pesantren terhadap peningkatan kemampuan berhitung. kemampuan berhitung siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pesantren pada materi aritmatika sosial layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung santri. Kata Kunci: Berhitung, Aritmatika Sosial, Perangkat Pembelajaran Berbasis Pesantren
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128335
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [279]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository