Kinerja Mesin Pembakaran dalam Satu Silinder Berbahan Bakar Etanol E60 dengan System Excess Air
Abstract
Bahan bakar etanol telah digunakan secara luas sebagai bahan bakar di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Brasil dan Swedia. Penggunaan etanol di dalam motor memerlukan perubahan pasokan udara. Suplai udara yang tepat diperlukan untuk mendapatkan performa mesin yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh udara berlebih terhadap unjuk kerja dan emisi gas buang dari motor bakar berbahan bakar etanol E60. Penelitian dilakukan pada mesin spark ignition engine 100 cc 4 langkah berbahan bakar campuran etanol 60% dan pertamax 40% (E60), dengan variasi putaran mesin dan excess air. Mesin SI dihubungkan dengan prony brake dan gas analyzer untuk mengukur performa dan emisinya. Penggunaan etanol (E60) meningkatkan torsi dan daya hingga udara berlebih mencapai 22 L/m, tetapi udara berlebih yang lebih banyak dapat menurunkan daya akibat detonasi. Konsumsi bahan bakar dan emisi CO terendah terjadi pada 1149 rpm dan udara berlebih 22 L/m. Pengaturan excess air yang optimal dan bahan bakar etanol (E60) dapat meningkatkan performa mesin dan mengurangi emisi. Hasil percobaan ini penting untuk penerapan bahan bakar yang memiliki angka oktan tinggi yang berfungsi menurunkan emisi CO dan HC. Inovasi teknologi ini dapat dikembangkan atau diaplikasikan pada industri energi dan otomotif.
Collections
- MT-Engineering [52]
