Struktur Kelas Sosial Dalam Unsur Naratif dan Sinematik Serial Drama Hierarchy (2024): Kajian Semiotika John Fiske
Abstract
Penelitian ini menganalisis struktur kelas sosial dalam serial drama Hierarchy (2024) dengan pendekatan semiotika John Fiske. Serial ini menggambarkan dinamika hierarki sosial di lingkungan sekolah elit Korea Selatan dan konflik yang muncul akibat perbedaan kelas sosial. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi serta menganalisis bagaimana unsur naratif dan sinematik dalam drama ini membentuk dan merepresentasikan kelas sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis teks berdasarkan teori semiotika John Fiske, yang terdiri dari tiga level: realitas, representasi, dan ideologi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Hierarchy merepresentasikan tiga ideologi utama, yaitu elitisme, individualisme, dan kapitalisme. Ideologi elitisme ditampilkan melalui simbol visual seperti perbedaan warna seragam yang mencerminkan status sosial siswa. Individualisme terlihat dalam tindakan karakter kelas atas yang mementingkan kepentingan pribadi. Sementara itu, kapitalisme tercermin dalam bagaimana karakter dari kelas bawah berusaha menaiki tangga sosial melalui pendidikan dan prestasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Hierarchy (2024) menggunakan elemen visual dan naratif untuk mempertegas stratifikasi sosial dalam masyarakat. Drama ini tidak hanya menjadi hiburan tetapi juga medium yang mencerminkan ketimpangan sosial yang terjadi di dunia nyata.