• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Pengaruh Pendekatan Culturally Responsive Teaching dan Karakter Profil Pelajar Pancasila Terhadap Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    TESIS JADI IKA.pdf (660.8Kb)
    Date
    2025-07-08
    Author
    MARICE, Ika Elis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan di Indonesia saat ini membutuhkan pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan perkembangan psikologis siswa seperti pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Pendekatan tersebut merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan keragaman budaya siswa. Karakteristik siswa dibentuk melaui interaksi mereka dengan lingkungan, termasuk lingkungan belajar. Karakter berbasis nilai – nilai Profil Pelajar Pancasila seperti toleransi, gotong royong, kemandirian, berpikir kritis dan rasa cinta tanah air sangat sesuai dengan kehidupan siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) dimensi Profil Pelajar Pancasila yakni beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinnekaan global dan bergotong royong. Penerapannya disesuaikan dengan populasi penelitian yakni pada fase A siswa sekolah dasar. Hal tersebut mengacu pada salah satu tantangan utama di sekolah dasar yaitu berkurangnya karakter siswa, seperti hilangnya sikap saling menghargai, menghormati dan rendahnya kepedulian sosial terhadap teman. Sikap sosial siswa merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan yang berpengaruh terhadap interaksi sosial dan perkembangan karakter. Rumusan masalah penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching dan karakter Profil Pelajar Pancasila terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dampak Culturally Responsive Teaching dan karakter Profil Pelajar Pancasila terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar. Pendekatan penelitian adalah deskripstif kuantitatif dengan populasi penelitian 105 orang dan sampel penelitian siswa fase A di seluruh sekolah negeri Gugus sekolah 2(dua)Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang sebanyak 42 orang yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penelitian survei. Instrumen penelitian divalidasi ahli dan melalui uji validitas. Analisis data diterapkan dengan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis utama melalui uji regresi sederhana dan analisis jalur. Sajian analisis diuraikan dengan paparan pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) (X) terhadap karakter Profil Pelajar Pancasila (Z). menunjukkan memiliki korelasi positif namun rendah (nilai R=0,093;R Square=0,009). Pendekatan Culturally Responsive Teaching (X) terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar (Y) menunjukkan korelasi negatif lemah antara pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dan sikap sosial siswa (R=0,047; R Square=0,002) Hasil analisis regresi pengaruh karakter Profil Pelajar Pancasila (Z) terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar (Y) menunjukkan bahwa karakter Profil Pelajar Pancasila berpengaruh signifikan terhadap sikap sosial (R=0,789;R Square=0,622) serta p<0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa karakter Profil Pelajar Pancasila berpengaruh langsung dan signifikan terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar. Deskripsi pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching (X) dan karakter Profil Pelajar Pancasila (Z) terhadap sikap sosial (Y) secara bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap sikap sosial siswa (R = 0,789; R Square = 0,623; p < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semua variabel pada penelitian ini memiliki pengaruh, terutama pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) yang diikuti dengan pembelajaran karakter Profil Pelajar Pancasila secara tidak langsung memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap sikap sosial siswa sekolah dasar. Pembentukan sikap sosial siswa sekolah dasar lebih efektif melalui penguatan nilai-nilai karakter seperti gotong royong, toleransi, dan kerja sama, sebagaimana tercermin dalam Profil Pelajar Pancasila
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128071
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [275]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository