• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Gambaran Respon Psikososial Pelajar di Wilayah Pertanian dalam Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri

    Thumbnail
    View/Open
    Andrian Budi Pratama_Gambaran Psikososial Pelajar dalam Menghadapi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri.pdf (3.120Mb)
    Date
    2023-07-20
    Author
    PRATAMA, Andrian Budi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pelajar yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi diharuskan mengikuti seleksi ujian terlebih dahulu. Banyaknya pesaing yang akan masuk perguruan tinggi, maka semakin besar kemungkinan timbulnya respon psikososial bagi peserta yang mengikuti seleksi. Respon psikososial menimbulkan masalah psikologis yang menjadi salah satu faktor pemicu gangguan jiwa. Bentuk masalah psikologis seperti rasa cemas, khawatir yang berlebihan, rasa takut, mudah tersinggung, sulit konsentrasi, memiliki sikap ragu-ragu akan suatu hal, merasa kecewa, pemarah dan agresif. Gangguan psikologis pada siswa saat akan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi, yaitu melalui dukungan dari keluarga, hal ini di karena keluarga merupakan tempat pertama yang memberi dukungan pada siswa saat mengalami masalah. Guru juga berperan dalam membantu siswa dengan memberikan arahan pada siswa agar tidak terlalu gugup dan cemas saat akan mengerjakan ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon psikososial siswa dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Terdapat 150 siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Instrumen yang digunakan adalah Self Reporting Questionnaire 29 yang merupakan kuesioner yang dibentuk oleh World Health Organization (WHO) yang digunakan sebagai alat untuk mengukur masalah/penyakit kesehatan jiwa. SRQ 29 berisi 29 pertanyaan tentang hal-hal yang mungkin mengganggu Anda dalam 30 hari terakhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat yang menggambarkan atau menggambarkan data yang telah diperoleh dari responden secara umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk gangguan terbesar yang dialami siswa yaitu gangguan psikis yang disertai PTSD yaitu 42,6% dengan jumlah 64 siswa, kemudian untuk Gangguan Psikologis sebesar 35,3% dengan jumlah 53 siswa dan gangguan PTSD. adalah 22,1% dengan jumlah 33 siswa. Untuk penggunaan psikoaktif dan gangguan psikotik tidak ditemukan pada siswa di SMA tersebut. Respon Psikososial pada pelajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah dukungan sosial. Dukungan sosial sangat efektif dalam mengurangi tekanan psikologis, seperti depresi atau kecemasan. Hal ini tentunya sesuai dengan penelitian ini yang tentunya menggali tentang masalah psikososial yang dialami oleh pelajar SMA yang kan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri sehingga perlunya dukungan dan pendampingan khusus pagi pelajar sehingga pelajar tidak mengalami kecemasan dan stress yang berlebihan tentunya akan tuntutan agar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128011
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1674]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository