• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Edukasi Video Animasi Terhadap Tingkat Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Siswa SDN 3 Grajagan Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Muhammad Nur Yasin (2.721Mb)
    Date
    2023-07-18
    Author
    YASIN, Muhammad Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Megathrust merupakan suatu fenomena alam terjadinya tumbukan lempeng bumi dengan intensitas tinggi yang menimbulkan terjadinya gempa bumi kuat. Gempa bumi megathrust memiliki sifat tsunamigenik dari pergeseran lempeng bumi dibawahnya. Potensi gempa bumi megathrust diperkuat dengan ditemukannya celah seismik di selatan Jawa yang mana memiliki kekuatan besar menimbulkan Tsunami, salah satunya Jawa Timur dengan perkiraan kekuatan gempa 8,8 magnitudo dan ketinggian gelombang tsunami mencapai 12 meter. Level kesiapsiagaan masyarakat di Indonesia khususnya anak-anak sebagai kelompok rentan dalam menghadapi potensi gempa bumi dan tsunami perlu untuk ditingkatkan. Cara untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana di Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai hal seperti edukasi atau pendidikan kebencanaan. Metode dan media edukasi berperan penting dalam penyampaian informasi. Video animasi menjadi pilihan yang menarik minat anak yang memiliki karakteristik menyukai animasi. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu siswa kelas 3, 4, 5 dan 6 SDN 3 Grajagan Banyuwangi dengan jumlah 155 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 132 siswa dihitung menggunakan rumus Slovin dengan pembagian 66 sampel sebagai kelompok intervensi dan 66 sampel sebagai kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment menggunakan pendekatan Non Equivalent Control Group Design dengan pre dan post test pada kelompok intervensi dan juga kontrol. Teknik sampling yang digunakan yaitu Probability Sampling dengan pendekatan Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner karakteristik dan juga kuesioner kesiapsiagaan gempa bumi dan tsunami oleh LIPI-UNESCO 2006. Hasil penelitian yaitu terdapat perbedaan tingkat kesiapsiagaan sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok kontrol dengan p-value 0,000 (<0,05) setelah di uji menggunakan Wilcoxon Matched Pairs test. Hasil tersebut ditandai dengan mayoritas kelompok intervensi mengalami peningkatan tingkat kesiapsiagaan gempa bumi dan tsunami. Sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada perbedaan kesiapsiagaan antara data sebelum dan sesudah penelitian dengan p-value 0,358 (>0,05) setelah di uji menggunakan Wilcoxon Matched Pairs test. Hasil tersebut ditandai dengan mayoritas kelompok yang tidak mengalami peningkatan kesiapsiagaan gempa bumi dan tsunami. Sehingga terdapat pengaruh pemberian edukasi menggunakan video animasi pada tingkat kesiapsiagaan siswa SDN 3 Grajagan Banyuwangi dimana p-value 0,000 (<0,05) setelah di uji menggunakan Mann-whitney U test. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu karakteristik responden dalam penelitian ini rata-rata berusia 11 tahun, mayoritas berjenis kelamin laki-laki, pernah mengalami gempa bumi dan jarang mendengar kejadian gempa bumi, dan tidak pernah mengalami tsunami serta jarang mendengar kejadian tsunami. hasil tingkat kesiapsiagaan mayoritas siswa sebelum diberikan intervensi pada kelompok intervensi berada pada tingkat rendah, serta hasil pre-test pada kelompok kontrol juga menunjukkan kesiapsiagaan mayoritas berada pada tingkat rendah. Sedangkan setelah diberikan intervensi, tingkat kesiapsiagaan mayoritas kelompok intervensi berada pada tingkat sedang dan hasil post-test pada kelompok kontrol menunjukkan mayoritas tetap berada pada tingkat rendah. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test kelompok intervensi sesudah diberikan intervensi edukasi video animasi dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test pada kelompok kontrol. Kemudian terdapat perbedaan signifikan antara post-test kelompok intervensi dan kontrol, sehingga hipotesis (ha) dapat diterima dimana terdapat pengaruh edukasi video animasi terhadap tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami siswa SDN 3 Grajagan Banyuwangi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127992
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1664]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository