Pengaruh Citra Merek dan Electronic Word Of Mouth Melalui Motivasi Belanja Hedonis terhadap Pembelian Impulsif Produk Vaseline Gluta Hya Thailand Di E-Commerce
Abstract
Body lotion Vaseline Gluta Hya dari Unilever sedang menjadi tren di media sosial, walaupun dari pihak Unilever memastikan bahwa kandungan produk sama untuk versi Thailand dan Indonesia, banyak pengguna yang percaya bahwa versi Thailand lebih efektif dalam memutihkan kulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh citra merek dan electronic word of mouth melalui motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif produk Vaseline Gluta Hya Thailand di e-commerce. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk Vaseline Gluta Hya Thailand di e-commerce di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 228 sampel dengan teknik judgment sampling dengan kriteria konsumen yang pernah membeli Vaseline Gluta Hya Thailand di e-commerce. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui survei Google Form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Squares Path Modeling (PLS-SEM) melalui aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek, electronic word of mouth dan motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif. Citra merek, electronic word of mouth berpengaruh terhadap motivasi belanja hedonis. Citra merek, electronic word of mouth berpengaruh terhadap pembelian impulsif melalui motivasi belanja hedonis.