Analisis Valuasi Ekonomi Wisata Pantai Teluk Asmara Kabupaten Malang Berbasis ZTCM (Zona Travel Cost Method)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai ekonomi atau valuasi ekonomi Pantai Teluk Asmara Kabupaten Malang. Karakteristik sosial ekonomi pengunjung dengan metode Zona Travel Cost Method terhadap 30 responden yang sedang berwisata di Pantai Teluk Asmara Kabupaten Malang untuk mengetahui kesukarelaan wisatawan untuk membayar (Willingness To Pay) ke Pantai Teluk Asmara. Karakteristik sosial ekonomi pengunjung di analisis melalui data mining dengan metode asosiasi melalui algoritma apriori. Algoritma apriori digunakan untuk memberikan kesimpulan dari kombinasi (market basket analysis) wisatawan yang mengunjungi Pantai Teluk Asmara dan melakukan uji regresi linear berganda untuk mencari karakteristik pengunjung yang mempengaruhi kunjungan ke Pantai Teluk Asmara. Data kemudian dianalisis menggunakan aplikasi orange data mining dan disajikan dalam bentuk gambar, diagram dan tabel. Hasil uji asosiasi menunjukkan kombinasi terbaik yang menjadi kemungkinan besar dari karakteristik pengunjung jika pengunjung Pantai Teluk Asmara melanjutkan wisata di Pantai Balaikambang atau Sendang Biru, maka jumlah rombongan kurang dari tiga orang dengan nilai support sebesar 50% dan nilai confidence sebesar 90%. Analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa karakteristik sosial ekonomi yang mempengaruhi wisatawan adalah lama mengetahui tempat wisata dan biaya perjalanan pengunjung selama berwisata ke Pantai Teluk Asmara. Hal ini dibuktikan dengan hasil pearson correlation pada orange data mining dengan nilai signifikansi sig +0.521 dan sig +0.508. Pada analisis valuasi ekonomi melalui metode zona travel cost method (ZTCM) pada penelitian ini diperoleh nilai ekonomi Pantai Teluk Asmara sebesar 191.276.252.342, - per tahun.