• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Fenomena Clickbait pada Situs Berita Online Menggunakan Model IndoBERT

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.194Mb)
    Date
    2023-07-20
    Author
    ZEIN, Muhammad Farhan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Media sosial dan media online menjadi sumber berita terpopuler di masyarakat Indonesia. Dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia, yaitu sekitar 77% penduduk terkoneksi internet, maka hal ini menjadi peluang media online untuk meraup keuntungan. Media online memperoleh pendapatan melalui pemasangan iklan. Perusahaan pengiklan mau memasangkan iklan hanya pada media online yang mempunyai jumlah kunjungan/traffic yang tinggi. Salah satu cara media online meningkatkan traffic adalah dengan menerapkan teknik clickbait. Clickbait adalah strategi penulisan judul artikel yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca agar mengklik dan membaca artikel tersebut. Strategi ini dilakukan dengan menggunakan bahasa yang menarik sehingga memunculkan rasa penasaran pada pembaca. Artikel yang menggunakan clickbait cenderung mengecewakan pembaca dikarenakan isi konten yang tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan dalam judul. Efek berita clickbait begitu berbahaya karena berpotensi menjadi berita bohong atau hoax yang dapat menimbulkan perpecahan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui fenomena penggunaan clickbait di media online Indonesia. Untuk menganalisis fenomena penggunaan clickbait, maka diperlukan pengklasifikasian berita clickbait terlebih dahulu. Dalam penelitian ini pengklasifikasian dilakukan menggunakan machine learning. Model machine learning yang digunakan adalah IndoBERT yang memperoleh skor accuracy dan f1-score di angka 92%. Hasil analisis menunjukkan persentase penggunaan clickbait pada media online Indonesia dari tahun 2020 hingga 2023 awal sebesar 35%. Dari rentang waktu tersebut pula tren penggunaan clickbait cenderung mengalami kenaikan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127649
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1072]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository