Efektivitas Media Pembelajaran Protein Synthesis KIT Box 3D Audio Visual Berbasis STEM Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA
Abstract
Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan sosial abad ke-21
yang penting untuk dikembangkan oleh guru. Hasil belajar dapat diartikan sebagai
tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran dalam skor yang
diperoleh dari hasil tes. Media 3D adalah media pembelajaran yang dapat menjadi
solusi terkait dengan upaya untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil
belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media
pembelajaran protein synhesis kit box 3D model audio visual berbasis STEM
menggunakan model pembelajaran TGT terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil
belajar siswa kelas XII SMA.
Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian PretestPosttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Tanggul.
Subjek dalam penelitian ialah siswa kelas XII MIPA semester ganjil Tahun Pelajaran
2023/2024. Berdasarkan data hasil kuesioner kolaborasi siswa di uji one way ANOVA
menunjukkan nilai sig < 0.05 dengan hipotesis H0 ditolak, maka dapat simpulkan
bahwa terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi antara tanpa menggunakan media
pembelajaran 3D berbasis STEM dengan kelas menggunakan media pembelajaran 3D
berbasis STEM. Kemudian data hasil belajar siswa di uji one way ANOVA kelas
kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan nilai sig < 0.05 hipotesis H0 ditolak,
sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara antara kelas tanpa
menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM dengan kelas menggunakan
media pembelajaran 3D berbasis STEM.