• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Media Pembelajaran Protein Synthesis KIT Box 3D Audio Visual Berbasis STEM Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA

    Thumbnail
    View/Open
    ATTIKA SALSA BILLA_210220104020 (1.200Mb)
    Date
    2025-01-06
    Author
    SALSA BILLA, Attika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan sosial abad ke-21 yang penting untuk dikembangkan oleh guru. Hasil belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran dalam skor yang diperoleh dari hasil tes. Media 3D adalah media pembelajaran yang dapat menjadi solusi terkait dengan upaya untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran protein synhesis kit box 3D model audio visual berbasis STEM menggunakan model pembelajaran TGT terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas XII SMA. Penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian PretestPosttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Tanggul. Subjek dalam penelitian ialah siswa kelas XII MIPA semester ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan data hasil kuesioner kolaborasi siswa di uji one way ANOVA menunjukkan nilai sig < 0.05 dengan hipotesis H0 ditolak, maka dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan kolaborasi antara tanpa menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM dengan kelas menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM. Kemudian data hasil belajar siswa di uji one way ANOVA kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan nilai sig < 0.05 hipotesis H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara antara kelas tanpa menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM dengan kelas menggunakan media pembelajaran 3D berbasis STEM.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127594
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [271]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository