• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Optimalisasi Desain Chassis Mobil Prototype Tawang Alun pada Pembebanan Saat Dilakukan Pengereman

    Thumbnail
    View/Open
    Triadi Andhika Rahman_191910101095 (1.631Mb)
    Date
    2023-07-21
    Author
    RAHMAN, Triadi Andhika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Demi menjaga keberlanjutan sumber daya bahan bakar fosil yang semakin menipis, upaya pengembangan kendaraan hemat energi terus dilakukan. Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) adalah kompetisi tingkat nasional untuk mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia yang bertujuan agar mahasiswa dapat berkontribusi dalam hal keberlanjutan energi melalui kendaraan yang efisien energi dan ramah lingkungan. Desain rangka pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode elemen hingga dengan perangkat lunak Autodesk Inventor untuk pemodelan 3D dan simulasi menggunakan perangkat lunak Ansys. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tegangan maksimum dan deformasi total pada prototipe rangka mobil Tawang Alun, serta untuk mengoptimalkan desain berdasarkan hasil simulasi. Penggunaan alumunium 7075 sebagai material struktur chassis menghasilkan variasi nilai tegangan maksimum dan deformasi total saat diberi pembebanan pengereman dengan jarak yang divariasikan. Pada desain chassis 1, tegangan maksimum berturut-turut adalah 106,55 MPa, 112,86 MPa, dan 130,91 MPa, dengan deformasi total berturut-turut sebesar 1,99 mm, 2,12 mm, dan 2,51 mm. Desain ini memiliki massa 8,1 kg dengan dimensi panjang 2130 mm, lebar 300 mm, tinggi 510 mm, dan dimensi profil 40 x 40 x 2 mm. Sementara itu, pada desain chassis 2 dengan panjang 2120 mm, lebar 280 mm, tinggi 510 mm, dan dimensi profil 40 x 40 x 2 mm, tegangan maksimum berturut-turut adalah 83,741 MPa, 85,92 MPa, dan 93,476 MPa, dengan deformasi total berturut-turut sebesar 1,43 mm, 1,47 mm, dan 1,73 mm. Desain chassis 2 memiliki massa yang lebih ringan, yaitu 7,3 kg. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa desain chassis 2 lebih optimal dibandingkan dengan desain chassis 1. Desain chassis 2 menghasilkan tegangan maksimum yang lebih rendah dan deformasi total yang lebih kecil. Selain itu, desain ini juga memiliki massa yang lebih ringan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127448
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository