• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Permainan Sondah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Luas Bangun Datar

    Thumbnail
    View/Open
    Hartatik_210220101024 (1.012Mb)
    Date
    2025-01-09
    Author
    HARTATIK, Hartatik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam matematika masih sangat rendah. Kemampuan berpikir kreatif dapat ditingkatkan melalui pembelajaran matematika yang kontekstual dengan mengaitkan matematika dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dengan permainan sondah. Namun, pada kenyataannya belm ada perangkat pembelajaran dengan permainan yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan permainan sondah pada materi luas bangun datar. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan angket. Kevalidan diperoleh dari hasil validasi modul ajar, LKPD dan paket tes. Kepraktisan diperoleh dari hasil observsi keterlaksanaan perangkat pembelajaran, sedangkan keefektifan diperoleh dari ketuntasan belajar, kategori N-Gain, angket respon siswa dan uji statistik Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Dengan koefisien validitas modul ajar, LKPD dan paket tes berturut-turut adalah 3,38; 3,31; dan 3,43 dari skor maksimal 4,00. Hasil observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran adalah 3,83 yang memasuki kategori tinggi, persentase ketuntasan klaksikal sebesar 76,5%, banyaknya siswa yang berada pada kategori N-Gain minimal sedang adalah 100%, respon siswa positif dan terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi perangkat pembelajaran matematika dengan permainan sondah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan demikian, perangkat pembelajaran ini layak untuk digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan permainan sondah.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127339
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [270]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository