Show simple item record

dc.contributor.authorSAFITRI, Dian Indah
dc.date.accessioned2025-07-15T01:17:20Z
dc.date.available2025-07-15T01:17:20Z
dc.date.issued2025-01-23
dc.date.submitted
dc.identifier.nim220220204012en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127330
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractImplementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar dalam proses pembelajaran harus menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center). Dalam paradigma student center guru berperan sebagai fasilitator untuk menciptakan pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan. Penelitian terdahulu memperlihatkan bahwa model Game Based Learning (GBL) Berbantuan Baamboozle mampu meningkatkan minat belajar, motivasi intrinsik, kemandirian, kreatifitas, kolaboratif dan prestasi siswa sehingga meningkatkan student engagement dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbatuan bamboozle diyakini akan berpengaruh dalam menghasilkan student engagement dan hasil belajar yang lebih baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap student engagement pada mapel Pendidikan Pancasila kelas II SD Negeri Pulo 01? 2) adakah pengaruh model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Pancasila kelas II SD Negeri Pulo 01? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap student engagement dan hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Pancasila kelas II SD Negeri Pulo 01. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan model Pretest dan Posttest Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dengan teknik sensus/sampling total yang berjumlah 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner student engagement dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data memakai uji-t (Independent Sample T-test) dengan menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) posttest student engagement kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,48 sedangkan pada kelas control memperoleh nilai rata-rata 79,24; 2) posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,80 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 69,80. Hasil analisis uji t pada posttest student engagement diperoleh nilai ttabel dengan df=48 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,011. Nilai thitung menunjukkan angka positif maka thitung > ttabel (2,884 > 2,011) dan pada sig. (2- tailed) diperoleh sig. 0,006 (0,006 < 0,05) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 maka Ha diterima menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada perlakuan model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap student engagement. Hasil analisis uji-t pada posttest hasil belajar diperoleh nilai ttabel dengan df=48 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,011. Nilai thitung menunjukkan angka positif maka thitung > ttabel (3,420 > 2,011) dan pada sig. (2-tailed) diperoleh sig. 0,001 (0,001 < 0,05) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 maka Ha diterima menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada perlakuan model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa student engagement dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle lebih baik dari pada kelas kontrol yang diberi perlakuan model cooperative learning tipe STAD. Simpulan hasil penelitian adalah ada pengaruh signifikan perlakuan model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle terhadap student engagement dan hasil belajar siswa pada mapel Pendidikan Pancasila kelas II SD Negeri Pulo 01 Lumajang. Saran penelitian untuk pendidik diharapkan mampu menggunakan model Game Based Learning (GBL) berbantuan baamboozle untuk meningkatkan student engagement dan hasil belajar siswaen_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama : Dr. Sumardi, M.Hum Pembimbing Anggota : Dr. Arju Muti’ah, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectGame Based Learning (GBL)en_US
dc.subjectBaamboozleen_US
dc.subjectStudent Engagementen_US
dc.subjectMapel Pendidikan Pancasilaen_US
dc.titlePengaruh Model Game Based Learning (GBL) Berbantuan Baamboozle terhadap Student Engagement dan Hasil Belajar Siswa pada Mapel Pendidikan Pancasila Kelas II SD Negeri Pulo 01 Lumajangen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiS2 Pendidikan Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sumardi, M.Hum.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Arju Muti'ah, M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung- 17 Februari,2025en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record