Analisis Pengaruh Live Streaming Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ventela Melalui Aplikasi TikTok Pada Mahasiswa Universitas Jember
Abstract
Perkembangan teknologi dan platform digital, seperti TikTok dengan fitur Live
Streaming, memfasilitasi transaksi jual beli online. Fitur Live Streaming
memberikan peluang bagi Ventela untuk membangun citra merek dan
mempengaruhi keputusan pembelian pada mahasiswa Universitas Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif yang dikuantitatifkan dengan
menggunakan skala likert. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini
terdiri dari dua macam, yaitu data primer dan data sekunder. Sampel penelitian ini
menggunakan 97 responden dengan Metode pengambilan sampel dalam penelitian
ini Non Probability Sampling dengan teknik yaitu Purposive Sampling dengan
kriteria tertentu, penelitian ini berfokus pada pada Mahasiswa Aktif Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember yang melakukan keputusan pembelian
produk Ventela melalui aplikasi Tiktok. Kriteria berumur 18 tahun ke atas
merupakan pengguna dan pernah melakukan pembelian 1 kali produk Ventela..
analisis Regresi Logistik menunjukkan bahwa Live Streaming tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk Ventela melalui aplikasi
Tiktok Pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember,
diduga karena kurangnya interaksi, gambaran kondisi produk dan pengaruh
ketidakpuasan responden terhadap promosi penjualan. Brand Image memiliki
nilai signifikan yang menjadi penentu peluang pembelian produk Ventela melalui
aplikasi Tiktok pada mahasiswa Universitas Jember