Show simple item record

dc.contributor.authorJAUZA, Talitha Fadia
dc.date.accessioned2025-07-07T06:13:58Z
dc.date.available2025-07-07T06:13:58Z
dc.date.issued2025-01-20
dc.identifier.nim202410101079en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/127197
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 7 Juli 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractLive streaming berkembang pesat berbanding lurus dengan perkembangan e-commerce di era digital. Sehingga diperlukan analisa untuk memaksimalkan strategi dalam menarik minat konsumen berbelanja melalui live streaming commerce. Namun analisis mengenai faktor-faktor utama yang mempengaruhi keinginan belanja konsumen di live streaming commerce masih terbatas pada metode tertentu. Penelitian ini menganalisa faktor pembawaan host live, informasi produk dan promosi harga yang mendasari perilaku belanja di Shopee Live dengan metode exploratory data analytics untuk menggali data statistik serta representasi visual terkait perilaku belanja konsumen Shopee Live. Data yang digunakan merupakan data dari kuesioner yang disebar ke seluruh Indonesia dengan jumlah data sebanyak 410 data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembawaan host live, harga produk saat live, informasi produk menjadi beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen untuk melakukan transaksi di live streaming. Adapun karakteristik dari konsumen, mayoritas konsumen merupakan discount seeker. Preferensi dari konsumen pada penelitian ini adalah, konsumen lebih memilih host yang tidak bertele-tele dan paham dengan produk yang dikenalkan. Untuk aspek informasi produk, mayoritas responden menganggap bahwa produk yang memuat informasi mengenai harga dan diskon lebih informatif untuk dijelaskan. Serta konsumen lebih tergugah untuk melakukan transaksi apabila ada promosi atau voucher pada saat live.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Nelly Oktavia Adiwijaya S.Si.,MT. DPA: Gayatri Dwi Santika S.SI., M.Komen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectLive streaming shoppingen_US
dc.subjectShopee Liveen_US
dc.subjectEDAen_US
dc.titleExploratory Data Analytics dari Perilaku Belanja Konsumen pada Sesi Live Streaming di E-commerce Shopee Indonesiaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Nelly Oktavia Adiwijaya S.Si.,MT.en_US
dc.identifier.pembimbing2Gayatri Dwi Santika S.SI., M.Komen_US
dc.identifier.validatorrevaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record