Pengaruh Tingkat Pelayanan, Pengetahuan, Promosi, Kepercayaan dan Kualitas Produk Tabungan Haji Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah Indonesia Cabang Bondowoso
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tingkat pelayanan, pengetahuan, promosi, kepercayaan, dan kualitas produk tabungan haji terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah Indonesia Cabang Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Bondowoso. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan purposive sampling. Rumus yang dipakai untuk mendapatkan sampel yang akan menggambarkan dan mewakili populasi maka digunakan rumus slovin. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan dibutuhkan 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Secara simultan, tingkat pelayanan, pengetahuan, promosi, kepercayaan, dan kualitas produk tabungan haji berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih Bank Syariah Indonesia Cabang Bondowoso.