Analisis Sentimen Pada Instagram Terhadap Wisata di Kabupaten Banyuwangi Menggunakan Metode Support Vector Machine
Abstract
Media sosial telah menjadi platform penting dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap suatu destinasi. Banyuwangi memiliki wisata alam yang banyak dan keindahannya dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Salah satu promosi yang dilakukan yaitu dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh unggahan akun Wonderful Indonesia terhadap penilaian masyarakat menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) dan Shapley Additive Explanations (SHAP). Data dikumpulkan dari komentar di akun Wonderful Indonesia yang berkaitan dengan wisata alam di Kabupaten Banyuwangi. SVM digunakan untuk mengklasifikasikan sentimen wisatawan (positif dan negatif), sementara SHAP digunakan untuk menginterpretasikan kontribusi fitur-fitur utama terhadap hasil klasifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen ulasan merupakan faktor dominan yang memengaruhi penilaian masyarakat terhadap destinasi, diikuti oleh tingkat interaksi sosial di platform. Dengan akurasi model sebesar 94,78%, kombinasi SVM dan SHAP terbukti efektif dalam menganalisis data sentimen sekaligus memberikan interpretasi yang mendalam terhadap faktor-faktor yang memengaruhi hasil. Temuan ini memberikan wawasan bagi pengelola pariwisata di Kabupaten Banyuwangi untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat strategis dalam meningkatkan daya tarik destinasi, melalui pengelolaan ulasan dan interaksi yang lebih efektif.