Konsep Penataan Reklame Koridor Jalan Trunojoyo Kabupaten Jember
Abstract
Perkembangan jumlah penduduk berdampak pada makin berkembangnya
aktivitas yang ada di dalamnya, hal tersebut juga mempengaruhi wajah kota secara
kuat. Salah satu aktivitas yang mengalami perkembangan adalah ekonomi, salah
satunya melalui pemasangan reklame. Meskipun memiliki banyak fungsi namun
peraturan mengenai reklame masih belum sepenuhnya diatur menyebabkan
ketidakteraturan visual lingkungan. Permasalahan ketidakteraturan tersebut
ditemukan pada koridor Jalan Trunojoyo, Kabupaten Jember. Penelitian ini
bertujuan untuk merumuskan konsep penataan reklame pada wilayah penelitian
dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, skoring, evaluasi, SWOT, dan
perancangan dalam perumusan konsepnya. Hasil menunjukkan pada wilayah
penelitian kesesuaian penataan dengan variabel keindahan sebesar 83,81% atau
baik, variabel keefektifan sebesar 79,40% atau baik, dan variabel keselamatan
sebesar 74,82% atau cukup. Konsep penataan yang dirumuskan adalah peraturan
maksimal tiga reklame di setiap persil, konten pada kedua sisi, tinggi tidak boleh
melebihi bangunan, tidak boleh pada bahu jalan, tidak boleh menutupi fasade
bangunan lebih dari 50%, pencahayaan internal, konstruksi tidak mengganggu,
utilitas dan badan jalan, berjarak minimal satu meter dari badan jalan, intensitas
cahaya 500 – 1.000 lux, serta bermaterial kokoh, tahan cuaca, dan bercirikan
lokalitas.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4346]