• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Redesain Kapal Nelayan Menggunakan Motor Listrik sebagai Penggerak Utama

    Thumbnail
    View/Open
    Isman Widad Daqoiqul Akbar_201910701037.pdf (917.6Kb)
    Date
    2025-01-23
    Author
    ABDURRAHMAN, Isman Widad Daqoiqul Akbar Bin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kelangkaan solar atau bahan bakar minyak (BBM) merupakan masalah serius bagi para nelayan di Indonesia. Nelayan sangat bergantung pada solar untuk menjalankan mesin perahu mereka, yang vital untuk mencari ikan di laut yang luas. Ketika solar sulit didapat atau harganya melambung tinggi, hal ini langsung menghantam pendapatan mereka karena biaya operasional yang meningkat. Akibatnya, banyak nelayan terpaksa mengurangi waktu mencari ikan atau bahkan tidak melaut sama sekali, memperburuk kondisi perekonomian mereka. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Konstruksi, Desain, dan Manufaktur, Fakultas Teknik, Universitas Jember, dari April hingga November 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan motor listrik sebagai penggerak utama pada kapal jukung, serta merancang desain rencana garis, tata letak umum, dan model 3D kapal jukung bertenaga listrik. Langkah-langkah penelitian mencakup identifikasi masalah, kajian literatur, pengumpulan data, pembuatan model lambung kapal, analisis teknis, dan pembuatan desain rencana garis, tata letak umum, model 3D, serta penyusunan kesimpulan. Proses desain kapal menggunakan metode parent design approach dengan data asli yang didapatkan dari perusahan PT. Blambangan Bahari Shipyard. Proses desain ini juga menggunakan pendekatan spiral desain, dengan mempertimbangkan owner requirement, wilayah operasional, serta regulasi dan standar baik nasional maupun internasional. Desain kapal jukung listrik memiliki panjang 11 meter, lebar 2,30 meter, tinggi lambung 1 meter, dan sarat air 0,5 meter. Hambatan kapal dihitung menggunakan metode Holtrop dengan hambatan sebesar 2,7 kN pada kecepatan servis maksimum. Motor yang dipilih adalah jenis motor PMSM (Permanen Magnet Synchronous Motor), dengan daya sebesar 25 kW / 33 Hp. Stabilitas yang telah memenuhi kriteria IMO (International Maritime Organization).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126989
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4346]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository