Show simple item record

dc.contributor.authorSHYHAB, M. Hilmi
dc.date.accessioned2025-07-01T08:00:18Z
dc.date.available2025-07-01T08:00:18Z
dc.date.issued2025-01-10
dc.identifier.nim191910101109en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126937
dc.description.abstractTeknologi friction welding merupakan metode pengelasan gesek, friction welding adalah teknik penggabungan dua material logam yang bisa serupa atau berbeda. Proses pengelasan ini terjadi karena salah satu benda kerja berputar dengan laju tertentu sementara benda kerja lainnya memberikan tekanan. Gesekan yang dihasilkan antara kedua permukaan menghasilkan panas yang cukup untuk melelehkan dan menyatukan kedua material setelah proses pendinginan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis proses friction welding sambungan baja ST 37 dan baja ST 41 berdasarkan variasi waktu meliputi variasi waktu 50 detik, 60 detik dan 70 detik disertakan dengan variasi putaran spindel yang meliputi variasi 900 rpm, 1170 rpm dan 1800 rpm menggunakan mesin bubut terhadap kekuatan tarik dan struktur mikro sambungan las. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimental guna menganalisa proses friction welding pada baja ST 37 dan ST 41 dengan menggunakan variasi putaran spindel dan waktu gesek, penelitian dimulai dengan pengajuan judul, studi literatur, penyusunan proposal, trial and error, pembuatan sampel, dan pengujian serta pengolahan data hasil pengujian. Berdasarkan data hasil pengujian, nilai uji tarik tertinggi terdapat pada spesimen dengan variasi putaran spindel 900 rpm dan variasi waktu 70 detik dengan nilai rata-rata uji tarik sebesar 28,55 kgf/mm2 . Dari hasil pengujian struktur mikro dapat dilihat pula variasi putaran spindel 900 rpm pada variasi waktu 70 detik memiliki tingkat keuletan tertinggi di antara variasi lainnya, terbukti dengan nilai persentase kandungan Perlit tertinggi sebesar 58,81% sedangkan variasi putaran spindel 1170 rpm pada variasi waktu 60 detik memliki tingkat kegetasan tertinggi di antara variasi lainnya, terbukti dengan nilai persentase kandungan Ferrit tertinggi sebesar 55,62%.en_US
dc.description.sponsorshipIr. Robertus Sidartawan, S.T., M.T. Ir. Aris Zainul Muttaqin, S.T., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectPengelasan Geseken_US
dc.subjectPutaran Spindelen_US
dc.subjectDurasi Geseken_US
dc.subjectKekuatan Tariken_US
dc.subjectStruktur Mikroen_US
dc.titleSifat Mekanik dan Struktur Mikro Sambungan Baja ST 37 Dan ST 41 Dengan Pengelasan Geseken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Mesinen_US
dc.identifier.pembimbing1Ir. Robertus Sidartawan, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ir. Aris Zainul Muttaqin, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.validatorRevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_07_tanggal 01en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record