Rasionalitas Investor Mahasiswa dalam Mengambil Keputusan Investasi
Abstract
Pertumbuhan investor pasar modal di Indonesia meningkat signifikan sejak tiga tahun terakhir (2021-2023). Namun, partisipasi investor belum tentu diimbangi dengan kemampuan berinvestasi secara rasional. Data KSEI menunjukkan bahwa mayoritas investor pasar modal di Indonesia adalah pelajar (26,58%) yang umumnya belum memiliki banyak pengalaman dan penghasilan sendiri. Hal ini menciptakan kesenjangan antara fenomena ideal dan aktual. Penelitian ini bertujuan menguji rasionalitas investor dengan mempertimbangkan pengaruh financial literacy, kemampuan membaca beta (β), profil risiko, kemampuan membaca price to book value (PBV), dan psychological bias management. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatori dengan menggunakan analisis regresi berganda. Namun, karena model regresi awal melanggar asumsi homoskedastisitas, model regresi diperbaiki menggunakan model weighted least square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial literacy, kemampuan membaca beta (β), profil risiko, dan psychological bias management berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap rasionalitas investor, sedangkan variabel kemampuan membaca PBV tidak berpengaruh terhadap rasionalitas investor. Temuan ini memberikan wawasan untuk penelitian selanjutnya mengenai investasi, membantu investor memahami faktor-faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan investasi yang rasional, serta mendukung pengembangan strategi pendidikan dan pengelolaan investasi di pasar modal Indonesia.