• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Company Management
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Company Management
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pelaksanaan Bauran Pemasaran pada Layanan Pos Express PT Pos Indonesia ( PERSERO ) Cabang Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Ahmad Junaidi._200803101010 (2.867Mb)
    Date
    2023-09-21
    Author
    JUNAIDI, Ahmad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pemasaran adalah suatu usaha yang mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Sebagai perusahaan yang bergerak di sektor jasa, memerlukan perlakuan promosi yang berbeda dengan perusahaan yang bergerak di sektor produksi. Tetapi ada juga perusahaan jasa di mana produknya dapat dilihat dan dijamah hal itu adalah suatu perkecualian, yang memang produk barang dengan produk jasa sulit untuk dibedakan. Khusus untuk pertukaran jasa ini pemasar harus dapat meyakinkan pembeli tentang produk yang ditawarkannya dengan meningkatkan tingkat kewujudan produk tersebut. 

Maka dari itu dibentuklah sebuah bauran pemasaran guna untuk mencapai tujuan pemasaran pada pasar yang ditargetkan. Dengan membuat strategi pemasaran yang tepat maka pemasaran akan berhasil. Fungsi dari strategi pemasaran disini untuk mengatur kerja dari divisi atau bidang di perusahaan agar terciptanya kerja sama yang mengantarkan perusahaan mencapai tujuannya. Semua organisasi baik organisasi di bidang bisnis maupun organisasi non profit mulai dari yang berskala kecil sampai berskala besar dan bergerak di bidang manufaktur ataupun jasa seperti halnya jasa pengiriman, semuanya memerlukan pemasaran dengan tujuan mempertahankan pelanggan yang sudah ada maupun untuk menarik pelanggan baru. 

PT Pos Indonesia merupakan satu-satunya badan usaha milik negara yang bergerak pada bidang jasa pengiriman. Sistem pelayanan yang diberikan oleh Kantor Pos Jember yaitu fokus pada kegiatan pengiriman barang maupun surat serta jasa keuangan contohnya Pospay, Wesel Pos dan Giro Pos. Pos Indonesia mendapatkan tantangan yang berat dengan banyaknya perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pengiriman barang yang sama dengan bidang usaha PT Pos Indonesia salah satu contohnya yaitu JNE dan TKI. Dalam perkembangan teknologi yang terjadi sekarang ini, PT. 

Pos Indonesia telah mengalami penurunan pelanggan dalam jumlah yang signifikan. Strategi pemasaran yang digunakan haruslah menjadi solusi dari permasalahan yang terjadi di PT. Setiap divisi atau bidang lain akan terpengaruh dari hasil penjualan yang dipengaruhi oleh pemasaran. Semakin berhasil strategi pemasaran maka penjualan akan meningkat dan begitu pula kerja dari setiap divisi atau bidang yang ada. 

Begitu pula dengan SDM yang akan meningkat guna memenuhi permintaan yang melonjak. Pos Indonesia membuat satu produk baru berupa aplikasi pada handphone yang dapat memudahkan pelanggan yang akan memakai jasanya khususnya pada jasa keuangan. Kreatifitas dan inovasi strategi pemasaran penting dilakukan untuk menjangkau pelanggan baru dan segmen pasar baru guna mencapai target yang dilakukan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Jember.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126511
    Collections
    • DP-Company Management [480]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository