Pengukuran Indeks Kepuasan User Terhadap Hasil Pembangunan Konstruksi Fasilitas Umum Menggunakan Metode CSI dan IPA (Studi Kasus : Proyek Konstruksi Gedung Pasar Tanjung di Kab. Jember)
Abstract
Pasar Tanjung Kabupaten Jember merupakan pasar tradisional yang umumnya terkesan kumuh, kotor dan pelayanannya yang kurang. Perlunya kontrol kinerja terhadap pengembangan serta Peningkatan kesejahteraan perdagangan pada jenjang perekonomian tinggi dapat dicapai apabila didukung oleh prasarana gedung yang memiliki kualitas dan kenyamanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor keluhan pengguna, menganalisis nilai indeks kepuasan pengguna dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance Analysis (IPA) atau analisis tingkat kepentingan dan kinerja menurut persepsi user terhadap faktor kepuasan pelayanan gedung. Teknik pengambilan sampel dengan metode slovin. Populasi pengguna gedung sebesar 1338 orang dengan sampel 93 orang. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, ternyata masih terdapat kepentingan atau harapan pelanggan yang belum dapat terpenuhi, hal tersebut dapat kita ketahui dari nilai CSI yang diperoleh yaitu sebesar 52,68% untuk service dan 53,72 untuk produk yang berdasarkan tabel Index masih tergolong dalam kriteria cukup puas Berdasarkan diagram kartesius empat kuadran metode Importance Performance Analysis (IPA), diketahui 1 variabel pada kuadran satu yang berarti prioritas utama perbaikan. Hal ini berarti bahwa sebagian besar user merasa cukup puas dengan penyediaan gedung konstruksi yang ada di Pasar Tanjung Jember.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4220]