• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Konstruksi Model Pasca Adopsi Platform Merdeka Mengajar pada Perspektif Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Andini Ike Budi Pramudita_202410101035_Sistem Informasi.pdf (6.418Mb)
    Date
    2024-07-24
    Author
    PRAMUDITA, Andini Ike Budi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform pembelajaran online untuk guru yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam pelaksanaannya, PMM menghadapi tantangan dalam adopsinya, termasuk kelemahan dalam kualitas konten, kualitas layanan, dan keterbatasan keterampilan TIK guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pasca-adopsi PMM di Kabupaten Jember, dengan fokus pada perspektif guru sekolah menengah pertama, untuk memahami penggunaan PMM dan dampaknya setelah adopsi melalui integrasi model ISSM dan TAM yang melibatkan konstruk yang mempengaruhi efektivitas platform pembelajaran online, yaitu educational system quality dan learner quality, sehingga keseluruhan konstruk yang digunakan adalah system quality, information quality, service quality, educational system quality, learner quality, perceived usefulness, satisfaction, use, dan benefits. Berdasarkan model yang diusulkan, dilakukan uji model fit terhadap konstruksi model pasca adopsi PMM dan uji hipotesis berbasis teori melalui pemodelan persamaan struktural menggunakan data empiris yang dikumpulkan melalui kuesioner survei dari 264 guru sekolah menengah pertama dari tiga kecamatan di Kabupaten Jember menunjukkan temuan bahwa model yang digunakan memiliki tingkat kesesuaian yang baik dan 20 hipotesis yang diusulkan diketahui 13 diterima dan 7 ditolak, di mana kepuasan guru, persepsi kegunaan, dan penggunaan sistem merupakan prediktor utama dari dampak yang mereka rasakan. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pemangku kepentingan PMM untuk memastikan penggunaan PMM yang efektif dan sukses yang berdampak positif pada pembelajaran guru dalam proses implementasi Kurikulum Merdeka.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126288
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1026]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository