Gambaran Kelelahan Pada Mahasiswa Profesi Ners di Fakultas Keperawatan Universitas Jember
Abstract
Mahasiswa pendidikan program Profesi Ners dihadapkan dengan pasien secara langsung untuk dapat mengasah keahliannya dalam melakukan asuhan keperawatan. Selama menjalankan program profesi ners, mahasiswa dibebani dengan berbagai kegiatan sehingga dapat memicu kelelahan. Kelelahan ini dapat berdampak negatif pada kualitas pembelajaran dan kinerja klinis, serta kesejahteraan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kelelahan pada mahasiswa Profesi Ners di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Metode penelitian ini cross-sectional dengan menggunakan kuesioner Fatigue Assesment Scale (FAS) untuk mengukur kelelahan fisik dan kelelahan mental. Penelitian ini melibatkan 69 mahasiswa Profesi Ners. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa Profesi Ners mengalami kelelahan sedang sebanyak 44 (63,8%). Mayoritas responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 58 (84,1%). Kategori usia responden paling banyak berada pada remaja akhir dengan rentan usia 17-25 tahun sebanyak 66 (95,7%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah mayoritas responden berjenis kelamin perempuan dengan kategori usia terbanyak pada remaja akhir. Kelelahan pada mahasiswa Profesi Ners Keperawatan Universitas Jember mayoritas mengalami kelelahan sedang. Temuan ini menunjukkan bahwa kelelahan yang ditemukan pada mahasiswa Profesi Ners menunjukkan beban kerja yang diberikan masih belum mampu dikerjakan secara optimal. Sehingga diperlukan tindakan screening sebagai langkah preventif untuk mengetahui tingkat kelelahan pada mahasiswa Profesi Ners.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1600]