Show simple item record

dc.contributor.authorMAULA, Robert Fajri
dc.date.accessioned2025-04-30T03:01:44Z
dc.date.available2025-04-30T03:01:44Z
dc.date.issued2023-04
dc.identifier.nim190110201003en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126135
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 30 April 2025en_US
dc.description.abstractFilm Say I Love You berkisah tentang siswa SMA Selamat Pagi Indonesia. SMA Selamat Pagi Indonesia adalah sekolah dengan siswa dari latar belakang etnis yang berbeda. Namun, film Say, I Love You karya Faozan Rizal juga menunjukkan motivasi, agar kesantunan bahasa lebih dikedepankan. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan mendeskripsikan penerapan dan pelanggaran kesantunan berbahasa yang terdapat pada film Say, I Love You. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memiliki tiga tahap, yaitu tahap penyediakan data, analisis data, dan penyediaan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa film Say I Love You cenderung santun dalam bertutur, meskipun masih ada beberapa yang melanggar. Penerapan dan pelanggaran kesantunan berbahasa berkaitan dengan unsur dramatisasi untuk memperkuat kepribadian tokoh karena kesantunan berbahasa merupakan cerminan dari kepribadian tokoh. Kepribadian iri hati dan dengki cenderung melanggar kesantunan berbahasa. Kepribadian baik hati, patang menyerah cenderung menerapkan kesantunan berbahasa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Budayaen_US
dc.subjectMAKSIMen_US
dc.subjectFILMen_US
dc.subjectDRAMATISASIen_US
dc.subjectWATAKen_US
dc.titleKesantunan Berbahasa dalam Dialog Antartokoh pada Film Say, I Love You Karya Faozan Rizal: Kajian Sosiopragmatiken_US
dc.title.alternativeKesantunan berbahasaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Budi Suyanto, M.Hum.en_US
dc.identifier.pembimbing2Didik Suharijadi, S.S., M.A.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record