Pengaruh Healthcare Service Quality Terhadap Behavioral Intention Melalui Experience Economy dan Emotional Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Rawat Jalan Poli Spesialis di Rumah Sakit Citra Husada Jember
Abstract
Pelayanan kesehatan komperhensif dan bermutu sudah seharusnya
diterapkan oleh seluruh pemberi layanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah
menilai apakah Healthcare service quality, experience economy, emotional
satisfaction akan berpengaruh terhadap behavioral intention pasien. Studi ini mempergunakan metode explanatory research dengan lokasi di
Rawat Jalan Poli Spesialis Rumah Sakit Citra Husada Jember. Berdasarkan teknik
purposive sampling maka jumlah responden adalah sejumlah 120 orang. Data
dikumpulkan menggunakan wawancara mendalam dan questioner. Pengolahan
data menggunakan tahapan reduksi data, kondensasi data, verifikasi dan
kesimpulan. Analisa data menggukan teknik Partial Least Square dan teori.
Peningkatan hasil penelitian menggunakan standar kredibilitas, dependabilitas,
transferbilitas dan konfirmasi. Hasil dari penelitian ini adalah: a) Healthcare service quality berpengaruh
positif dan signifikan terhadap experience economy, emotional satisfaction, dan
behavioral intention; b) Dengan experience economy yang sesuai dan emotional
satisfaction yang tinggi, pasien dapat mengembangkan behavioral intention yang
baik.
Collections
- MT-Sciences of Health [126]