Tugas Wedding Planner pada Wedding Event di Pratiwi Bali Wedding Organizer
Abstract
Pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition) karena hampir seluruh kegiatan menggunakan infrastruktur pariwisata dalam penyelenggaraannya. Salah satunya yaitu penyelenggaraan sebuah event yang dikelola oleh sebuah event organizer. Salah satu event yang saat ini banyak diminati yaitu event pernikahan. Event pernikahan memiliki berbagai divisi dalam penyelenggaraannya. Salah satunya yaitu wedding planner. Wedding Planner merupakan devisi yang memiliki tugas untuk merencanakan pesta pernikahan mulai dari awal, mengorganisir semua, mulai dari pertemuan keluarga, membuat janji temu dengan vendor dan menemani saat meeting, memberi masukan vendor mana yang sesuai, hingga membantu mengingatkan pengantin untuk melakukan perawatan sebelum hari pernikahan tiba. Penelitian dilakukan secara terjun langsung ke lapangan pada saat event dengan melakukan wawancara pada karyawan atau crew, dan dari berbagai literature mengenai brides assistant pada wedding organizer. Wedding planner memiliki tugas untuk menghandle sebuah event baik pada pra event, on wedding, atau pasca wedding, dimana divisi ini yang akan mengatur dan menata sebuah event mulai dari konsep acara hingga jalannya acara pernikahan. Dapat disimpulkan bahwa wedding planner memiliki 3 peran mulai dari pra event, on event, dan pasca event.