| dc.contributor.author | KAAFFAH, Abdillah Tirta Silmi |  | 
| dc.date.accessioned | 2025-03-13T05:25:35Z |  | 
| dc.date.available | 2025-03-13T05:25:35Z |  | 
| dc.date.issued | 2024-01-08 |  | 
| dc.identifier.nim | 201910301043 | en_US | 
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125728 |  | 
| dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Maret 2025_Kurnadi | en_US | 
| dc.description.abstract | Kabupaten Pati, Jawa Tengah merupakan wilayah yang sering mengalami 
banjir. Banjir menjadi bencana yang banyak menimbulkan kerugian bagi 
masyarakat. Banjir di Kabupaten Pati disebabkan karena ketinggian daratan yang 
rendah dan pengaruh curah hujan yang tinggi. Kondisi lain terjadi ketika musim 
kemarau tiba, air semakin surut dan mengalami kekeringan. Pemerintah melalui 
Balai Besar Wilayah Sungai Pemali-Juana berencana untuk membangun bendung 
karet. Bendung karet diharapkan mampu menangani permasalahan yang terjadi. 
Penelitian ini berusaha memodelkan bendung yang akan dibangun tersebut dengan 
kondisi banjir beberapa kala ulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 
profil aliran di sekitar bendung karet pada saat terjadi banjir dan mengetahui pola 
sistem pengempisan yang paling optimal untuk digunakan. Penelitian ini 
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah aliran 
tidak permanen (unsteady flow). Profil aliran dengan tinggi pembendungan 1 meter 
di atas mercu bendung menyebabkan kecepatan aliran rata-rata sebelum dan setelah 
mercu masing-masing adalah 0,40 m/det dan 0,66 m/det. Perhitungan panjang
backwater yang didapatkan dari hasil simulasi adalah 2,26 km. Sistem operasi 
pengempisan bendung berdasarkan sistem operasi pengempisan yang disarankan 
adalah tinggi muka air yang melimpas masih di bawah 0,6 meter dari puncak mercu 
bendung karet. Kecepatan pengempisan efektif dalam menghindari terjadinya 
overtopping didapatkan 0,20 m/menit dengan diameter pipa 15 cm. Kecepatan 
pengempisan dengan diameter pipa 8 cm adalah 0,15 m/menit, kecepatan ini masih 
efektif dalam menghindari terjadinya overtopping. | en_US | 
| dc.description.sponsorship | DPU: Prof. Dr. Ir. Gusfan Halik, S.T., M.T.
DPA: Saifurridzal, S.T., M.Eng. | en_US | 
| dc.language.iso | other | en_US | 
| dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US | 
| dc.subject | Banjir | en_US | 
| dc.subject | Profil Aliran | en_US | 
| dc.subject | Kabupaten Pati | en_US | 
| dc.subject | Pemodelan Bendung Karet | en_US | 
| dc.title | Pemodelan Banjir pada Bendung Karet Sungai Juwana Kabupaten Pati | en_US | 
| dc.type | Skripsi | en_US | 
| dc.identifier.prodi | S1 Teknik Sipil | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Ir. Gusfan Halik, S.T., M.T. | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing2 | Saifurridzal, S.T., M.Eng. | en_US | 
| dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Maret 2025 | en_US |