Show simple item record

dc.contributor.authorNI'MAH, Afa Faiqotun
dc.date.accessioned2025-02-12T13:10:56Z
dc.date.available2025-02-12T13:10:56Z
dc.date.issued2023-07-17
dc.identifier.nim192310101023en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125302
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 12 Pebruari 2025en_US
dc.description.abstractIndonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng besar yang mengakibatkan Indonesia dikelilingi deretan gunung berapi. Sehingga, Indonesia termasuk negara rawan bencana salah satunya yaitu erupsi gunung berapi. Bencana erupsi gunung berapi didefinisikan sebagai peristiwa pelepasan bahan material, gas, abu vulkanik, dan magma ke permukaan bumi. Terjadinya bencana erupsi gunung berapi dapat mengancam dan mengganggu kehidupan manusia yang menyebabkan kerugian korban jiwa, harta benda, kerusakan lingkungan, dan terganggunya psikologis. Wilayah yang berada di daerah rawan bencana perlu memiliki kesiapsiagaan bencana untuk meminimalkan dampak negatif yang terjadi. Individu dapat yakin melakukan tindakan yang tepat saat erupsi gunung berapi, jika memiliki informasi kesiapsiagaan bencana erupsi gunung berapi. Sehingga, diperlukan pendidikan kesehatan terhadap kesiapsiagaan bencana erupsi gunung berapi agar individu memiliki keyakinan terhadap tindakan yang tepat untuk dilakukan saat menghadapi bencana yang terjadi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh pemberian pendidikan kesehatan media permainan monopoli ”kinarugeru” terhadap efikasi diri kesiapsiagaan bencana erupsi gunung berapi pada siswa kelas X SMAN Candipuro. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental design dengan pendekatan non-equivalent control group design yang terbagi menjadi kelompok intervensi yang diberikan intervensi media permainan monopoli ”kinarugeru” dan kelompok kontrol yang diberikan media e-book kebencanaan dari BNPB. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 188 dan pada masing-masing kelompok sebanyak 94 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner GSES (General Self Efficacy Scale) versi Indonesia dengan konteks bencana. Responden pada setiap kelompok mengisi kuesioner pre-test melalui google form dan post-test melalui lembar kertas yang dibagikan. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh pemberian intervensi menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank dan Mann-Whitney. Penelitian ini telah dinyatakan laik etik oleh KEPK Fakultas Keperawatan, Universitas Jember dengan No. 156/UN25.1.14/KEPK/2023. Hasil penelitian ini didapatkan data efikasi diri responden sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan pada kelompok intervensi memperoleh hasil nilai median yang meningkat 2.50 dari median (min-max) yaitu 31.00 (10-40) menjadi 33.50 (26-40). Efikasi diri pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan memperoleh hasil median yang meningkat 2.00 dari median (min-max) 30.00 (18-40) menjadi 32.00 (24-40). Hasil analisis dari uji Wilcoxon Signed Rank Test terdapat pengaruh pada masing-masing kelompok. Pada kelompok intervensi nilai p-value 0.003 (< α = 0.05), terdapat pengaruh pemberian intervensi dengan media permainan monopoli ”kinarugeru”. Sedangkan pada kelompok kontrol niali p-value 0.000 (< α = 0.05), terdapat pengaruh pemberian intervensi dengan media e-book kebencanaan dari BNPB. Hasil analisis uji MannWhitney untuk mengetahui perbedaan pada kedua kelompok setelah diberikan perlakuan pada kelompok intervensi dan kontrol dengan nilai p-value 0.211 (< α = 0.05), di mana terdapat perbedaan yang signifikan pada efikasi diri kesiapsiagaan pada kedua kelompok. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pada kelompok intervensi yang diberikan media permainan monopoli ”kinarugeru” dan kelompok kontrol yang diberikan media e-book kebencanaan dari BNPB. Pada kedua kelompok setelah diberikan perlakuan tidak terdapat perbedaan yang signikan pada efikasi diri kesiapsiagaan bencana erupsi gunung berapi. Namun, perolehan nilai selisih median pre-test dan post-test kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol.en_US
dc.description.sponsorshipNs. Baskoro Setioputro, S.Kep., M.Kep Ruris Haristiani, S.Kep., Ns. M.Kesen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keperawatanen_US
dc.subjectKESIAPSIAGAAN BENCANAen_US
dc.subjectPERMAINAN MONOPOLIen_US
dc.subjectREMAJAen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.titlePengaruh Media Pendidikan Kesehatan Permainan Monopoli Kinarugeru Terhadap Efikasi Diri Kesiapsiagaan Bencana Erupsi Gunung Berapi pada Siswa Kelas X SMAN Candipuroen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiS1 Ilmu Keperawatanen_US
dc.identifier.pembimbing1Ns. Baskoro Setioputro, S.Kep., M.Kepen_US
dc.identifier.pembimbing2Ruris Haristiani, S.Kep., Ns., M.Kesen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_januari_2025_11en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record