Show simple item record

dc.contributor.authorDEYA, Angela Prielkarla
dc.date.accessioned2025-02-11T03:52:50Z
dc.date.available2025-02-11T03:52:50Z
dc.date.issued2025-01-06
dc.identifier.nim212310101027en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125279
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKeselamatan pasien merupakan suatu sistem layanan kesehatan yang membuat asuhan pasien menjadi lebih aman. Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan primer harus menempatkan keselamatan pasien sebagai fokus utama dalam pelayanannya. Keselamatan pasien berhubungan erat dengan mutu pelayanan kesehatan, termasuk pencegahan kesalahan medis, peningkatan kualitas prosedur klinis, dan perlindungan pasien dari potensi bahaya selama perawatan. Implementasi keselamatan pasien di puskesmas dapat meningkatkan efisiensi, kepercayaan masyarakat, dan standar pelayanan kesehatan. Perawat, sebagai tenaga kesehatan dengan jumlah terbanyak dan intensitas interaksi tinggi dengan pasien, memiliki peran penting dalam penerapan budaya keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan budaya keselamatan pasien yang diterapkan oleh perawat dalam pelayanan di Puskesmas wilayah Jember, guna mengurangi risiko serta meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode total sampling, melibatkan 80 responden perawat yang bekerja di Puskesmas wilayah Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik, bertujuan untuk mendeskripsikan variabel-variabel terkait 12 dimensi keselamatan pasien berdasarkan pedoman AHRQ. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner Hospital Survey on Patient Safety Culture (HSOPSC) yang disebarkan melalui Googleform. Kuesioner ini dirancang untuk mengukur budaya keselamatan pasien secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi Kerjasama dalam Unit (62,5%) dalam kategori budaya kuat, Harapan dan Tindakan Atasan dalam Mempromosikan keselamatan Pasien (68,75%) dalam kategori budaya sedang, Pembelajaran Organisasi Perbaikan Berkelanjutan (95%) dalam kategori budaya sedang, Dukungan Manajemen untuk Keselamatan Pasien (83,25) dalam kategori budaya sedang, Persepsi Keseluruhan tentang Keselamatan Pasien (86,25%) dalam kategori budaya kuat, Kerjasama Antar Unit (82,5%) dalam kategori budaya kuat, Penempatan Staf (78,75%) dalam kategori budaya sedang, Handoff dan Transisi (61,25%) dalam kategori budaya sedang, Respon yang Tidak Menghakimi (65%) dalam kategori budaya sedang. Umpan Balik dan Komunikasi Tentang Kesalahan (48,75%) dalam kategori budaya sedang, Komunikasi Terbuka (72,5%) dalam kategori budaya sedang, dan Frekuensi Pelaporan Kejadian (71,25%) dalam kategori budaya sedang. Dilihat dari hasil tiap dimensi, budaya keselamatan pasien di puskesmas wilayah Jember berada dalam kategori sedang, dengan tingkat respon positif sebesar 66,6%. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun sebagian besar dimensi keselamatan pasien telah diterapkan, masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas budaya keselamatan pasien di puskesmas. Seperti dukungan menejemen, tingkat kesadaran staf, konsistensi dalam penerapan prosedur, keterbatasan sumber daya, pelaporan kejadian dan komunikasi yang kurang efektif menjadi hambatan utama. Untuk meningkatkan budaya keselamatan ini, diperlukan langkah strategis seperti pelatihan berkala, penguatan prosedur dan sistem, dukungan manajemen, dan peningkatan komunikasi internal. Dengan upaya yang berkelanjutan, diharapkan budaya keselamatan pasien dapat meningkat, sehingga memberikan pelayanan yang lebih aman dan berkualitas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keperawatanen_US
dc.subjectBudaya Keselamatan Pasienen_US
dc.subjectPelayanan di Puskesmasen_US
dc.subjectKabupaten Jemberen_US
dc.titleGambaran Budaya Keselamatan Pasien oleh Perawat dalam Melaksanakan Pelayanan di Puskesmas Wilayahen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Keperawatanen_US
dc.identifier.pembimbing1Ns. Anisah Ardiana, S.Kep., M.Kep., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ns. Alfid Tri Afandi, S.Kep., M.Kep.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record