• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Tarif dan Kinerja Pelayanan Angkutan KSPN Ijen Trayek Jember-Kawah Ijen

    Thumbnail
    View/Open
    Bisma Muhammad Agym Fawwazi _211910301079 (2.429Mb)
    Date
    2025-01-24
    Author
    FAWWAZI, Bisma Muhammad Agym
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tarif angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Ijen trayek Jember Kawah Ijen mengalami tiga kali perubahan. Tarif yang berlaku selama rentang 1 tahun berubah mulai dari tarif Rp. 26.000, Rp. 17.900 yang merupakan tarif subsidi sesuai peraturan dan terakhir adalah tarif sebesar Rp. 75.000. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya tarif berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) sesuai kondisi eksisting dan penilaian kepuasan penumpang angkutan KSPN Ijen trayek Jember-Kawah Ijen. Perhitungan tarif berdasarkan BOK menggunakan metode perhitungan pedoman Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 251 Tahun 2022. Sedangkan penilaian kualitas pelayanan berdasarkan kepuasan penumpang menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Variabel penilaian kualitas pelayanan Angkutan KSPN Ijen trayek Jember-Kawah Ijen bersumber dari aspek standar pelayanan minimal (SPM) Permenhub Republik Indonesia No PM 83 Tahun 2021. Metode pengumpulan data BOK dengan cara wawancara kepada operator angkutan, sedangkan data kepuasan penumpang diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui online maupun secara langsung. Hasil enelitian menunjukkan bahwa tarif yang dibebankan kepada penumpang berdasarkan perhitungan BOK kondisi penuh penumpang dan kondisi eksisting berturut-turut sebesar Rp. 60.493 dan Rp. 207.581. Sehingga terdapat selisih harga antara pendapatan dan biaya perjalanan. Maka dibutuhkan subsidi sesuai perhitungan sebesar Rp. 154.111 tiap penumpang. Penilaian kualitas pelayanan berdasarkan kepuasan penumpang terhadap angkutan KSPN Ijen trayek JemberKawah Ijen menunjukkan bahwa nilai CSI sebesar 83,96% yang artinya adalah penumpang sangat puas. Sedangkan penilaian kinerja dengan analisa kesesuaian metode IPA menghasilkan kualitas yang memuaskan meliputi variabel P2, P4, P5, P6, P7, P12, P15,P16, dan P19. Sedangkan variabel P1, P3, P8, P9, P10, P11, P13, P14, P17, dan P18 termasuk dalam kategori kualitas yang kurang memuaskan. Variabel dengan kualitas pelayanan puas tergolong pada kuadran II yaitu P2, P4, P5, P6, P12, P15,P16, dan P19 dan Kuadran IV yaitu P7. Sedangakan variabel yang kurang memuaskan tergolong ke dalam kuadran III “Prioritas rendah” untuk peningkatan kinerja. Kecuali Variabel P8, P10, P13 yang tergolong ke dalam kuadran II.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125191
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4288]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository