• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Sciences of Health
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Sciences of Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Hubungan Kepuasan Pasien dan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kabupaten Lumajang

    Thumbnail
    View/Open
    Mirawati_212520102052.pdf (3.922Mb)
    Date
    2024-12-17
    Author
    MIRAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar Belakang : Kepuasan pasien dan dimensi mutu pelayanan kesehatan berpengaruh terhadap niat berkunjung ulang pasien rawat jalan di Puskesmas Kabupaten Lumajang, minat berkunjung yang tinggi mengindikasikan pelayanan yang diberikan sudah baik dan memenuhi harapan pasien. Sebanyak 25 Puskesmas di Kabupaten Lumajang mengalami penurunan jumlah kunjungan rawat jalan setiap bulannya. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis niat berkunjung ulang pasien rawat jalan dalam kaitannya dengan kepuasan pasien dan dimensi mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Kabupaten Lumajang. Metode : Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif-analitik dengan jumlah sampel 386 pasien rawat jalan yang berkunjung ke lima Puskesmas, dengan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji statistik yaitu chi square. Hasil : Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan yaitu sebesar 90,4 %. Dimensi mutu pelayanan kesehatan menunjukkan dimensi tangible sebesar 91,2 %, dimensi reliabilitas sebesar 60 %, dimensi responsivitas sebesar 93,8 %, dimensi jaminan kesehatan sebesar 95,6 %, dan dimensi empati sebesar 87,8 %. Minat kunjungan ulang pasien rawat jalan sebesar 95,9 %. Terdapat hubungan antara dimensi responsivitas dengan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di Puskesmas Kabupaten Lumajang (p-value 0,034) berdasarkan uji chi-square, namun tidak terdapat hubungan antara kepuasan pasien, dimensi tangible, dimensi reliabilitas, dimensi jaminan kesehatan, dan dimensi empati dengan minat kunjungan ulang (p-value > 0,05). Pembahasan : Perlu dilakukan peningkatan responsivitas tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara kepuasan dan dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan minat kunjungan ulang pasien rawat jalan di Puskesmas Kabupaten Lumajang karena hubungannya sangat kecil; hanya satu dimensi mutu pelayanan kesehatan (dimensi daya tanggap) yang berhubungan dengan minat berkunjung ulang.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125161
    Collections
    • MT-Sciences of Health [126]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository