• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Stabilitas Kapal Jukung dengan Pengaruh Jarak Lengan dan Panjang Cadik di Perairan Puger Jember

    Thumbnail
    View/Open
    18793.pdf (1.617Mb)
    Date
    2023-01-31
    Author
    WIDODO, Sudi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Puger merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Jember dengan sistem perekonomiannya mengandalkan sektor perairan, yang mana memiliki potensi tangkap lestari sumberdaya hanyati ikan. Kecamatan Puger juga terkenal dengan pantai dan penghasil ikan terbesar di Kabupaten Jember. Oleh sebab itu di pantai Puger membutuhkan kapal nelayan yang banyak serta memiliki perfoma yang sesuai dengan perairan laut selatan. Pantai Puger memiliki arus laut begitu pun gelombang yang cukup tinggi dikarenakan dekat dengan samudra. Kapal jukung adalah kapal yang banyak digunakan oleh masyarakat pesisir untuk mencari tangkap ikan. Pada dasarnya sudah banyak kapal jukung yang dibuat atau diproduksi dan dipergunakan oleh nelayan setempat, yang tidak menggunakan teori/ilmu perkapalan. Pembangunan kapal nelayan tidak menggunakan gambar desain kapal seperti general arrangement, lines plan, midship section, dan construction. Hal itu tentunya bisa berakibat tidak tercapainya sasaran optimasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada. Cadik kapal memiliki peran penting pada kapal nelayan ketika berlayar. Cadik kapal ditempatkan di bagian samping lambung kapal. karena itu, cadik kapal harus diperhitungkan dengan matang agar mengetahui nilai stabilitasnya. Berdasarkan hal hal tersebut, penulis mencoba memodifikasi desain kapal ikan dengan memvariasikan pemasangan panjang lengan cadik dan panjang cadik kapal jukung karena, untuk mengetahui batas minimum jarak panjang lengan cadik yang dipakai kapal jukung. Penelitian dengan judul “Analisis Stabilitas Kapal Jukung dengan Pengaruh Jarak Lengan dan Panjang Cadik di Perairan Puger” ini, melakukan perbandingan terdapat nilai stabilitas kapal ikan di puger dengan pengaruh variasi jarak lengan dan panjang cadik terhadap stabilitas kapal jukung. Diharapkan hasil penelitian dapat memberikan informasi dan rekomendasi desain mengenai pengaruh lengan dan panjang cadik untuk menstabilkan kapal nelayan puger. Stabilitas kapal jukung di daerah perairan puger yang dianalisis menggunakan Software dengan data existing, dalam criteria IMO nilai Actual yang didapatkan Sudah memenuhi diatas nilai Required. Stabilitas kapal jukung di daerah perairan puger yang dianalisis terhadap pengaruh variasi jarak lengan 1 m dan panjang cadik 7 m, tidak memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization) berstatus Fail, memiliki sabilitas negatife. Variasi jarak lengan 1.5 m dan 2 m telah memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization), dalam criteria IMO sudah berstatus Pass, memiliki stabilitas positif. Stabilitas kapal jukung di daerah pantai puger yang dianalisis terhadap pengaruh variasi panjang cadik 8 m, 9 m, 10 m dan panjang lengan 2.5 m telah memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization) bersetatus pass, memiliki stabilitas positif karena semakin panjang lengan semakin optimal stabilitas kapalnya. Stabilitas kapal jukung di daerah pantai puger yang dianalisis variasi jarak lengan 1 m dan panjang cadik 8 m, 9 m, 10 m tidak memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization) berstatus Fail. Variasi jarak lengan 1.5 m dan panjang cadik 8 m, 9 m, 10 m, telah memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization). Variasi jarak lengan 2 m dan panjang cadik 8 m, 9 m, 10 m, telah memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization). Hasil perbandingan antara variasi lengan 1 m, 1.5 m, dan 2 m yang direkomendasikan dipakai kapal jukung adalah variasi 1.5 m dan 2 m. Jadi, pada penelitian ini mencari berapa jarak lengan yang paling minimum dari center line pada variasi yang masih stabil pada kapal yaitu yang terpilih variasi 1.5 m dan panjang cadik 8 m, yang masih memiliki stabilitas positif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125134
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository