• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    Tesis Repository Rara Widuri.pdf (3.438Mb)
    Date
    2025-01-10
    Author
    WIDURI, Rara
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan bertujuan untuk mempersiapkan seseorang dalam memecahkan problem kehidupan di masa kini ataupun di masa yang akan datang. Salah satu mata pelajaran yang penting adalah IPAS. Pembelajaran tersebut mengajarkan tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya. Berdasarkan dokumen nilai kelas V SD Negeri Citrodiwangsan 02 Lumajang, dalam mata pelajaran IPAS terdapat 62% nilai dibawah rata-rata dan 38% diatas rata-rata. Dari hasil observasi didapatkan beberapa siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini karena siswa merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan cenderung ramai. Pembelajaran di sekolah khususnya Sekolah Dasar perlu direncanakan dengan baik menggunakan model pembelajaran yang inovatif, menarik dan menyenangkan serta dengan menggunakan media pembelajaran guna menarik perhatian dan minat siswa untuk belajar, serta hasil belajar akan menjadi lebih optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model Project Based Learning, Problem Based Learnng, dan Discovery Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental dengan pola Nonequivalent Control Group Design. Desain penelitian Quasi Experimental dengan pola Nonequivalent Control Group Design. Hasil dari penelitian ini yaitu Penerapan model pembelajaran model Problem Based Learning, Discovery Learning, dan Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V sekolah dasar dengan model pembelajaran yang paling efektif adalah model pembelajaran Project Based Learning.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125103
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository