Sistem Akuntansi Penggajian Pegawai Tetap pada Sekretariat DPRD Kabupaten Jember
Abstract
Sistem informasi akuntansi penggajian diperlukan dalam menunjang kefektifan pembayaran
gaji di Sekretariat DPRD Kabupaten Jember, upaya untuk meminimalisir kesalahan Dalam
penggajian adalah menggunakan sistem akuntansi penggajian yang mana dapat mempermudah
untuk membayarkan gaji pada pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Jember, karena kesalahan
pada penggajian dapat mengakibatkan kinerja pegawai yang menurun akibat motivasi pegawai
yang berkurang. Berdasarakan uraian tersebut tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui
gambaran sistem akuntansi penggajian yang diterapkan pada Sekretariat DPRD Kabupaten
Jember. Tugas akhir ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode analisis kualitatif ,
data tugas akhir diperoleh dengan mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil
Penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem akuntansi penggajian sudah cukup baik dari
segi operasional maupun pencatatan, hal tersebut ditunjukan adanya penggunaan sistem
akuntansi untuk melaksanakan prosedur penggajian.