Show simple item record

dc.contributor.authorWIJAYASAKTI, Ardelia Kusuma
dc.date.accessioned2024-11-24T22:19:44Z
dc.date.available2024-11-24T22:19:44Z
dc.date.issued2023-07-24
dc.identifier.nim200803102028en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124614
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 25 November 2024en_US
dc.description.abstractPraktik Kerja Nyata ini dilaksanakan di PT BPR Delta Lamongan, Jalan Babat-Jombang No. 59, Podang, Karangkembang, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Kegiatan ini berlangsung dalam jangka waktu kurang lebih selama dua bulan mulai tanggal 27 Februari sampai dengan 4 Mei tahun 2023. Praktik Kerja Nyata ini dilakukan sebagai syarat untuk kelulusan Diploma III. Selama Praktik Kerja Nyata berlangsung penulis mendapatkan pengalaman dan pemahaman mengenai Sistem Administrasi Kredit pada PT BPR Delta Lamongan. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah. Masyarakat tersebut biasanya memerlukan dana tambahan untuk meningkatkan taraf hidupnya. Biasanya mereka memiliki usaha untuk ditingkatkan ataupun ingin membuka usaha kecil-kecilan untuk memperoleh hasil agar tetap hidup. Peran penting BPR sendiri adalah memberikan dana pinjaman kepada masyarakat untuk kebutuhan masyarakat masing-masing yang lebih berfokus pada masyarakat yang memiliki usaha. BPR memiliki kegiatan yang lebih sempit dibandingkan dengan Bank umum, karena BPR hanya fokus pada penghimpunan dana dan memberikan pinjaman berupa kredit kepada masyarakat yang lebih pada kepentingan usahanya, sedangkan pada Bank Umum kegiatannya lebih kompleks dan pemberian dana bersifat universal dan memiliki prosedur yang lebih kompleks dari BPR, oleh karena itu masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman dengan nominal kecil dan tahapan yang mudah dapat menuju ke BPR. Berdasarkan hasil Praktik Kerja Nyata (PKN) yang dilaksanakan pada PT BPR Delta Lamongan mulai tanggal 27 Februari 2023 sampai dengan 4 Mei 2023, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : a. Proses pemberian kredit Pinjaman Berjangka Angsuran (PBA) dan Pinjaman Berjangka Tetap (PBT) melalui beberapa tahapan yaitu dari permohonan kredit, pemilihan produk kredit verifikasi SLIK (BI Checking), verifikasi on the spot (survey usaha calon debitur untuk produk PBT) dan menganalisa kemampuan membayar pinjaman yang dilakukan oleh Admin Kredit, verifikasi agunan oleh pihak marketing, pengikatan calon debitur dengan PT BPR Delta Lamongan, dan pencairan kredit setelah segala persyaratan terpenuhi. b. Selama kegiatan Praktik Kerja Nyata di PT BPR Delta Lamongan proses pemberian kredit yang dilakukan adalah membantu input berkas data nasabah pada laporan permohonan kredit, membantu menuliskan dokumen kredit, mencari file data nasabah pada arsip, membantu admin kredit dalam memilah data nasabah yang mengajukan kredit di atas 5 Juta untuk dinotariskan, dan mencari file nasabah yang telah lunas untuk disisihkan dari nasabah aktif. c. Selama kegiatan Praktik Kerja Nyata di PT BPR Delta Lamongan penulis melakukan administrasi pencatatan agunan pada buku dengan memasukkan format nomor kredit, nama debitur, alamat debitur, plafond atau dana kredit, jenis agunan yang diberikan, dan jenis pengikatan yang sesuai berdasarkan agunan yang diberikanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi Dan Bisnisen_US
dc.subjectSISTEMen_US
dc.subjectADMINISTRASIen_US
dc.subjectKREDITen_US
dc.titleSistem Administrasi Kredit pada PT Bank Perkreditan Rakyat Delta Lamonganen_US
dc.typeLaporan D3en_US
dc.identifier.prodiAdministrasi Keuanganen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nyoman Gede Krishnabudi, M.Agb.en_US
dc.identifier.pembimbing2Abdul Muhsyi, S.Kom., MMSI.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober_2024en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record