Show simple item record

dc.contributor.authorCAHYAPUTRA, Muhammad Rafi
dc.date.accessioned2024-11-04T08:22:27Z
dc.date.available2024-11-04T08:22:27Z
dc.date.issued2024-07-26
dc.identifier.nim192410101029en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124539
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 4 November 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPortal Emas Pegawai adalah sistem informasi pelayanan administrasi masyarakat berbasis website dan aplikasi android yang digunakan oleh pegawai kelurahan dan kecamatan di Kota Probolinggo. Aplikasi ini dikembangkan pada 24 Agustus 2021 yang berdasar pada Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 107 tahun 2021 tentang Sistem Informasi Probolinggo Smart Digital Melayani Masyarakat di Lingkungan Pemerintahan Kota Probolinggo. Tujuan Portal Emas Pegawai dikembangkan yaitu untuk membantu meningkatkan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Kota Probolinggo agar lebih cepat, mudah, efisien, transparan, dan bebas pungli. Portal Emas Pegawai memiliki beberapa bermasalah yang dikeluhkan oleh penggunanya seperti kendala jaringan, TTE yang tidak tercetak, ribetnya saat memasukkan data, dan surat yang tidak tersimpan. Dari permasalahan tersebut dapat dikatakan bahwa kualitas website Portal Emas Pegawai masih perlu ditingkatkan dan dilakukan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas website Portal Emas Pegawai dan mengetahui indikator apa yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk indikator tersebut. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner berjumlah 21 butir berdasarkan metode Webqual 4.0 kepada pengguna di kelurahan dan kecamatan. Metode Webqual 4.0 akan menghasilkan nilai Webqual Indeks (WQI) yang merepresentasikan kualitas website. Setelah itu dilakukan Analisis Kesesuaian dan Analisis Kesenjangan (Gap) yang diperoleh dari nilai kinerja dan kepentingan Portal Emas Pegawai. Selanjutnya Analisis Kuadran menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) untuk menentukan indikator yang menjadi prioritas perbaikan. Setelah dilakukan analisis data, diketahui bahwa nilai WQI website Portal Emas Pegawai sebesar 0,824. Semakin nilai WQI mendekati 1, maka kualitas website dikatakan semakin baik. Nilai kesesuaian menghasilkan 93,991% dan nilai kesenjangan menghasilkan angka negatif sebesar -0,211 yang berarti Portal Emas Pegawai masih belum dapat memenuhi harapan pengguna. Analisis IPA menunjukkan bahwa Kuadran I berisikan indikator SI21; Kuadran II berisikan indikator US1, US2, US4, US7, IQ9, IQ10, IQ14, SI17, dan SI18; Kuadran III berisikan indikator US3, US5, US6, IQ11, IQ12, SI20, dan SI22; Kuadran IV berisikan indikator US8, IQ13, IQ15, dan SI16. Rekomendasi diberikan untuk indikator pada Kuadran I “SI21” karena merupakan prioritas peningkatan. Diskominfo selaku penyedia website dapat menambahkan saluran komunikasi lainnya, mengupayakan penerimaan umpan balik, dan melaksanakan pertemuan rutin dengan pengguna. Hasil penelitian ini menyarankan pihak Diskominfo untuk melakukan perbaikan dan pengembangan website Portal Emas Pegawai agar memiliki kualitas yang lebih baik sehingga dapat memenuhi harapan penggunanya.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Fajrin Nurman Arifin S.T., M.Eng ; DPA: Oktalia Juwita S.Kom., M.MTen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectPortal Emasen_US
dc.subjectAnalisis Kualitas Websiteen_US
dc.subjectImportance Performance Analysis (IPA)en_US
dc.subjectKota Probolinggoen_US
dc.titleAnalisis Kualitas Website Portal Emas Pegawai Kota Probolinggo Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Fajrin Nurman Arifin S.T., M.Engen_US
dc.identifier.pembimbing2Oktalia Juwita S.Kom., M.MTen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Agustus_2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record