Pengaruh Pengalaman Konsumen dan Label Halal terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen Mixue di Kabupaten Jember
Abstract
Mixue merupakan salah satu brand dari sekian banyak industri Food and Beverage (F&B) yang berkembang pesat di Indonesia. Keberhasilan suatu bisnis atau usaha berkaitan erat dengan kemampuan manajemen pemasaran yang baik. Salah satu strategi dalam manajemen pemasaran adalah dengan mempelajari perilaku konsumen. Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang berkaitan dengan perilaku konsumen dimana tidak sedikit konsumen yang melakukan pembelian produk Mixue dengan kurang memperhatikan adanya Label Halal pada kemasan. Tidak hanya itu, pengalaman yang dirasakan konsumen juga menjadi faktor yang menentukan dalam pengaruhnya terhadap Minat Beli Ulang. Maka dari itu, hal yang dikaji dalam penelitian ini mengenai pengaruh Pengalaman Konsumen dan Label Halal terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen Mixue di Kabupaten Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis dan membahas apakah Pengalaman Konsumen dan Label Halal berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen Mixue di Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu Pengalaman Konsumen dan Label Halal serta Kepuasan Konsumen Mixue. Subjek penelitian ini adalah konsumen produk Mixue di Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk Mixue di Kabupaten Jember dan jumlahnya tidak diketahui. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berjenis nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan perhitungan rumus Lemeshow, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif atau data kualitatif yang dikuantitatifkan. Data dalam penelitian ini merupakan data cross-section. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil jawaban langsung responden melalui pengisian kuesioner dan wawancara serta data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software SmartPLS. Alat ukur yang digunakan yaitu skala Likert.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengalaman Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Label Halal berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Pengalaman Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang, Label Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang, dan terakhir Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang.