dc.description.abstract | Pada skripsi ini diambil dua hal yang mempengaruhi hasil belajar yaitu lingkungan sosial sebagai faktor eksternal dan minat sebagai faktor internal. Lingkungan Sosial adalah manusia lain yang ada di sekitar siswa, yang terdiri dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Sedangkan minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan menyenangi suatu kegiatan, misalnya dapat dilihat dari kesenangan dalam mengikuti pelajaran, kemauan untuk mengerjakan tugas, kesadaran untuk belajar tanpa disuruh, serta perhatian ketika pelajaran berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara lingkungan sosial dengan hasil belajar matematika, minat dengan hasil belajar matematika, serta pengaruh bersama antara lingkungan sosial dan minat belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Daerah penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah SMPN se-kota Pamekasan dengan sampel yang diambil adalah SMPN 2 Pamekasan, SMPN 5 Pamekasan, SMP 6 Pamekasan.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data guna menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan analisis regresi linear berganda, untuk menguji
persamaan regresi yang didapat dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, autokorelasi, multikolinearitas, dan heterokedastisitas. | en_US |