• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Ruang Pavilyun Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soebandi Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Muhammad Halili Hamzah_022110101006.1Repo.pdf (2.488Mb)
    Date
    2007-02-27
    Author
    HAMZAH, Muhammad Halili
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyaknya jumlah rumah sakit dewasa ini, tentunya akan menimbulkan persaingan ketat diantara rumah sakit serta menimbulkan tantangan yang sangat besar bagi para pengelola maupun pemilik rumah sakit untuk memperbaiki kualitas pelayanan di rumah sakit sehingga dipercaya oleh masyarakat Hasil survei kepuasan pasien menunjukkan bahwa terdapat dua unit keija di ruang pavilyun yang masih berada dibawah angka rata-rata indeks kepuasan pasien Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soebandi Jember yaitu dengan total skor sebesar 0,767. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di ruang pavilyun Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soebandi Jember. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien tersebut meliputi provider, tarif, dan sarana fisik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner terhadap 79 responden yang menjadi sampel dalam penelitian. Subjek ditarik dari populasi dengan caraproportional stratified random sampling. Data diolah dan diuji dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tarif dan sarana fisik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Dimana peningkatan tarif akan meningkatkan kepuasan pasien sebesar 0,08723, peningkatan sarana fisik akan meningkatkan kepuasan pasien sebesar 0,916. Sedangkanvariabel provider tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil pengujian secara serentak menunjukkan bahwa variabel provider, tarif, dan sarana fisik berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan tingkat signifikansi 0,000. Diharapkan pihak rumah sakit agar meningkatkan lagi mutu pelayanan terutama yang terkait dengan pelayanan provider baik dokter maupun perawat dan lebih memprioritaskan pada tarif serta tetap mempertahankan dan meningkatkan sarana fisik di rumah sakit.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124364
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1595]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository