dc.contributor.author | WULANDARI, Lilik Dwi | |
dc.date.accessioned | 2024-09-23T13:22:02Z | |
dc.date.available | 2024-09-23T13:22:02Z | |
dc.date.issued | 2024-02-20 | |
dc.identifier.nim | 202410101001 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124355 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 23 September 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Website Jombangtravel.id adalah aplikasi promosi dan pemasaran terkait
destinasi wisata di Kabupaten Jombang. Tujuan website Jombangtravel.id yaitu
mendukung wisata kuliner, mengenalkan oleh – oleh khas Jombang, hotel,
akomodasi, dan UMKM serta komunitas ekonomi kreatif. Pertama dirilis pada 1
Mei 2021 dengan total pengguna pada bulan September 2023 sebanyak 818
pengguna. Terdapat permasalahan yang dialami oleh pengguna website
Jombangtravel.id ketika akan menambahkan konten memiliki keterbatasan
informasi mengenai proses pengiriman konten tersebut dan terdapat beberapa bug
terkait ketidaksesuaian waktu penambahan review yang ditampilkan pada website.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna website
Jombangtravel.id menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS)
dengan 5 variabel yang digunakan yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use,
dan Timeliness. Tujuan kedua untuk mengetahui rekomendasi perbaikan
berdasarkan metode Importance Performance Analysis (IPA) pada kuadran 1. Uji
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reliabilitas.
Uji validitas digunakan untuk mengukur keakuratan suatu kuesioner dengan
membandingkan rhitung dengan rtabel, apabila angka rhitung lebih besar dari rtabel maka
instrumen dinyatakan valid. Uji reliabilitas digunakan untuk mengukur keandalan
suatu instrumen dengan menggunakan nilai cronbach alpha dan dinyatakan reliabel
jika bernilai > 0,6. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif End User Computing
Satisfaction (EUCS) dan analisis IPA (analisis kesesuaian, analisis kuadran IPA
dan analisis kesesuaian GAP).
Hasil analisis data menunjukkan bahwa website Jombangtravel.id belum
memenuhi kepuasan pengguna karena memiliki nilai gap cukup tinggi yaitu
indikator A1 sebesar -0,89 dan gap paling rendah adalah indikator E1 sebesar -0,33.
Terdapat tiga indikator pada kuadran 1 IPA. Rekomendasi yang diberikan penulis
pada penelitian ini berdasarkan pada hasil kritik dan saran responden yang
selanjutnya divalidasi oleh jurnal serta berdasarkan persetujuan pihak terkait | en_US |
dc.description.sponsorship | Oktalia Juwita S.Kom., M.MT
Karina Nine Amalia, S.Kom., M.Kom. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | END USER COMPUTING SATISFACTION | en_US |
dc.subject | IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS | en_US |
dc.title | Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Website Jombangtravel.id Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Program Studi Sistem Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Oktalia Juwita S.Kom., M.MT | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Karina Nine Amalia, S.Kom., M.Kom | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |