• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perancangan UI/UX Permainan Edukasi Pembelajaran Bahasa dan Aksara Sunda Berbasis Mobile Menggunakan Metode Child Centered Design

    Thumbnail
    View/Open
    162410101115.pdf (7.328Mb)
    Date
    2023-01-19
    Author
    NAUFALIANSYAH, Fauzan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keragaman suku bangsa, agama dan bahasa. Setiap suku bangsa memiliki adat budaya masing-masing, meliputi: tradisi, cerita rakyat, bahasa, tulisan, dan lain sebagainya. Seperti halnya suku Sunda, tidak hanya memiliki bahasa secara lisan yaitu bahasa Sunda, ada juga tulisan yaitu lebih dikenal dengan Aksara Sunda. Seiringnya perkembangan jaman saat ini minat untuk mempelajari bahasa daerah sangat kurang. Pentingnya sebagai generasi penerus untuk melestarikan bahasa daerah agar tidak punah. Pada saat ini untuk mendapatkan pengetahuan dapat dilakukan dimana saja, salah satu pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran yaitu game edukasi. Perancangan game edukasi pembelajaran bahasa dan Aksara Sunda bertujuan untuk meningkatkan minat belajar bahasa Sunda dan Aksara Sunda menggunakan metode Child Centered Design (CCD). CCD dipilih karena penelitian ini berfokus pada anak-anak sebagai pengguna dari game edukasi yang akan dirancang. Metode CCD Terdiri dari beberapa tahapan, tahap pertama yakni menentukan konteks pengguna dan kebutuhan perancangan sistem yang didapatkan dengan melakukan wawancara dan observasi kepada pengguna yaitu anak berusia 6-8 tahun di SDN 2 Sukatani Garut, wawancara juga dilakukan kepada orang tua murid, dan guru sekolah, selanjutnya melakukan dilakukan pembuatan desain solusi konsep desain game edukasi, berawal dari (lo-fidelity) sampai menjadi mockup UI (hi-fidelity). kemudian prototype desain game edukasi dilakukan evaluasi menggunakan metode System Usability Scale. Hasil evaluasi yang dilakukan kepada 30 responden, memperoleh nilai yang baik yaitu 82 dengan melihat aspek penilaian dari ini table SUS Skorpecentilrank penilaian rancangan desain ini mendapatkan Grade A.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124284
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1026]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository