Dampak Penerapan Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) Bagi Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus : Sistem Informasi Terpadu Universitas Jember)
Abstract
Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah terminologi yang
diberikan kepada sistem informasi yang mendukung transaksi atau operasi seharihari dalam pengelolaan sumber daya perusahaan dengan menggunakan sistem
teknologi informasi yang saling terintegrasi Sistem ERP saat ini tidak hanya
diperuntukan bagi perusahaan saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh perguruan
tinggi. Universitas Jember bisa dikatakan telah menerapkan teknologi ERP, yaitu
dikenal dengan istilah SISTER (Sistem Informasi Terpadu) dalam menjalankan
proses bisnisnya. SISTER yang terintegrasi diciptakan agar bisa membantu dalam
mengolah semua tugas dosen dan dapat menghasilkan laporan evaluasi kinerja
dosen dalam melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Maka, pada
pemanfaatan suatu sistem informasi perlu memperhatikan tingkat kesesuaian
antara tugas dengan teknologi yang digunakan. Oleh karena itu, menganalisis
tentang task-technology fit (kesesuaian tugas dengan teknologi) perlu dilakukan
untuk mengukur tingkat kesesuaian antara tugas dan teknologi yang digunakan
sehingga dapat diketahui bagaimana dampak dari penerapan teknologi Enterprise
Resource Planning (ERP) khususnya pada Perguruan Tinggi.
Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada
dosen Universitas Jember yang menggunakan SISTER secara aktif. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear
berganda menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Kesesuaian Tugas - Teknologi (ERP) dan pemanfaatan teknologi informasi
berpengaruh secara positif dan signifikan baik secara individu maupun bersamasama terhadap kinerja dosen. Dua variabel independen yaitu Task Technology Fit
dan pemanfaatan teknologi informasi berdampak sebesar 21,3% terhadap kinerja
dosen yang merupakan variabel dependen.