Show simple item record

dc.contributor.authorAziz, Gita Safitri Anggraini
dc.date.accessioned2024-08-13T01:33:36Z
dc.date.available2024-08-13T01:33:36Z
dc.date.issued2024-07-29
dc.identifier.nim172410101035en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123649
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 13 Agustus 2024_Kurnadi_Lanaen_US
dc.description.abstractDalam era ekonomi berbasis pengetahuan, teknologi informasi (TI) memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Investasi yang tepat dalam TI dapat mengurangi biaya dan meningkatkan kinerja perusahaan melalui pengumpulan dan analisis data bisnis. Keselarasan antara strategi TI dan bisnis menjadi kunci agar implementasi TI sesuai dengan visi dan misi perusahaan. PDAM Jember, sebagai perusahaan yang profesional dan terpercaya, menyadari pentingnya TI dalam memberikan pelayanan prima dengan risiko terkendali untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kecepatan operasional serta manajemen keuangan. Namun, kurangnya penilaian terukur mengenai keselarasan antara TI dan tujuan bisnis dapat membawa risiko signifikan. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan sistematis, pemantauan proaktif, dan penilaian kinerja yang fokus pada keselarasan antara TI dan tujuan bisnis. Agar dapat mencapai visi dan misi perusahaan, penggunaan Strategic Alignment Maturity Model (SAMM) diusulkan sebagai kerangka kerja untuk membantu PDAM Jember mengevaluasi dan meningkatkan keselarasan strategi bisnis dan TI. Fokus terhadap pelayanan prima dan meminimalkan risiko, SAMM dapat memberikan panduan dan solusi yang sesuai untuk meningkatkan kualitas layanan dan teknologi sebagai pendukung misi perusahaan. Penelitian ini mengikuti serangkaian tahapan yang sistematis. Tahap awal dimulai dengan studi literatur untuk memperoleh dasar teoritis yang kuat. Selanjutnya, informasi yang lebih mendalam diperoleh melalui wawancara dengan direktur perusahaan serta peninjauan dokumen yang relevan. Setelah itu, dilakukan pemetaan responden yang melibatkan pihak terkait dalam organisasi. Pembuatan perangkat evaluasi dan analisis hasil menjadi tahap berikutnya untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang kematangan strategi bisnis dan teknologi informasi. Pada tahap akhir, penelitian ditutup dengan pembuatan kesimpulan yang merangkum temuan utama serta penyusunan saran sebagai kontribusi untuk perbaikan dan pengembangan selanjutnya. Penelitian dengan menggunakan pendekatan ini mencapai kelengkapan dalam eksplorasi, analisis, dan perumusan rekomendasi untuk meningkatkan keselarasan strategi bisnis dan teknologi informasi dalam konteks perusahaan. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa PDAM Jember telah berhasil mencapai tingkat kematangan keselarasan strategi bisnis dan TI pada level 2. Tingkat kematangan ini mencerminkan komitmen perusahaan dalam menyelaraskan strategi bisnis dengan penggunaan TI, meskipun masih terdapat beberapa ruang untuk perbaikan lebih lanjut. Tiga dari enam dimensi yang diukur, yaitu kemitraan, lingkup dan arsitektur, serta keahlian, telah mencapai level 3, menunjukkan kemajuan yang positif dalam dimensi tersebut. Namun, dalam dimensi komunikasi, tata kelola TI, serta pengukuran kompetensi, PDAM Jember masih memerlukan perbaikan untuk mencapai keselarasan yang optimal antara strategi bisnis dan TI. Rekomendasi perbaikan yang diajukan dapat menjadi landasan bagi PDAM Jember untuk meningkatkan kematangan keselarasan TI dan bisnisnya menuju level 3. Perbaikan melibatkan pemantauan efektivitas komunikasi TI dan bisnis melalui pelatihan dan pertemuan formal antar divisi dengan pemantauan yang efektif, pengukuran kematangan kompetensi TI melalui pengukuran peran teknologi dan penyusunan metrik pengukuran, peningkatan kematangan tata kelola melalui perencanaan dan prioritas strategi bisnis serta investasi TI, optimalisasi kemitraan melalui penerapan bonus dan reward, perluasan lingkup arsitektur melalui pengembangan sistem, dan mempertahankan fokus pada pengembangan keahlian. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat membantu PDAM Jember mencapai tingkat keselarasan yang lebih tinggi antara strategi bisnis dan penerapan TI.en_US
dc.description.sponsorship1. Dosen Pembimbing Utama Oktalia Juwita S.Kom., M.MT 2. Dosen Pembimbing Pendamping Fajrin Nurman Arifin S.T., M.Engen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectKeselarasan Teknologi Informasien_US
dc.subjectBisnisen_US
dc.subjectStrategic Alignment Maturity Modelen_US
dc.titlePengukuran Strategis Tingkat Kematangan Keselarasan Teknologi Informasi dan Bisnis Menggunakan Metode Strategic Alignment Maturity Model (Studi Kasus PDAM Jember)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Oktalia Juwita S.Kom., M.MTen_US
dc.identifier.pembimbing2Fajrin Nurman Arifin S.T., M.Engen_US
dc.identifier.validatorKacung- 12 Agustus 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record